Definisi Motivasi
Hamalik mengemukakan bahwa motivasi
adalah. "suatu perubahan energi di dalam pribadi seseorang yang ditandai dengan
timbulnya afektif (perasaan) dan reaksi untuk mencapai tujuan” (dikutip dalam Djamarah, 2002, h. 114). Motivasi sangat diperlukan dalam belajar
karena tanpa adanya motivasi, seseorang tidak mungkin melakukan aktivitas
belajar. Motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik sangat penting dalam
belajar. Motivasi intrinsik merupakan motivasi yang berasal dari dalam diri
sendiri, sedangkan motivasi ekstrinsik merupakan motivasi yang berasal dari
luar diri (Djamarah, 2002).
Definisi Belajar
Slameto menyatakan bahwa belajar adalah, "suatu proses usaha yang
dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru
secara keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam
interaksi dengan lingkungannya” (Slameto, dikutip dalam Djamarah, 2002, h. 13).
“Belajar adalah serangkaian kegiatan jiwa raga untuk memperoleh suatu perubahan
tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman individu dalam interaksi dengan
lingkungannya yang menyangkut kognitif, afektif, dan psikomotor” (Djamarah,
2002, h. 13).
Faktor Lingkungan yang Mempengaruhi
Motivasi Belajar
Faktor lingkungan keluarga. Lingkungan
keluarga sangat berpengaruh terhadap motivasi belajar karena orangtua memiliki
peran penting dalam proses belajar anak. Orangtua memberikan pendidikan kepada
anak dari kecil hingga dewasa. Tetapi, ada pula anak yang tidak memiliki
motivasi belajar karena adanya masalah keluarga. Masalah keluarga tersebut bisa
disebabkan oleh perceraian orangtua dan orangtua yang terlalu sibuk bekerja
sehingga terkesan mengabaikan anaknya.
Faktor
lingkungan pertemanan. Lingkungan pertemanan merupakan faktor eksternal
yang sangat berpengaruh terhadap motivasi belajar. Jika teman-teman Anda giat
belajar, maka Anda akan termotivasi untuk belajar. Akan tetapi, apabila teman-teman
Anda memberikan pengaruh negatif, maka Anda juga akan terpengaruh teman-teman
Anda.
Faktor Motivasi Belajar
Faktor internal. Faktor
internal merupakan faktor yang berasal dari dalam diri sendiri. Adanya kemauan
dari dalam diri sendiri untuk belajar merupakan faktor paling mendasar. Bila
seseorang sudah memiliki motivasi belajar yang kuat dari dalam diri sendiri,
maka ia tidak akan terpengaruh oleh hal-hal eksternal.
Faktor
eksternal. Faktor ekternal dapat berpengaruh positif ataupun negatif pada
motivasi belajar. Faktor positif seperti lebih giat belajar. Sedangkan, faktor
negatif seperti pengaruh gadget.
Walaupun pada masa globalisasi ini kemajuan elektronik telah semakin pesat,
tetapi dapat juga memberikan pengaruh negatif kepada motivasi belajar.
Contohnya, karena terlalu asik bermain gadget
menjadikan seseorang lupa belajar.
Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar
1.
Adanya
keinginan dari dalam diri sendiri,
2.
Masuk
ke dalam pergaulan yang positif, dan
3.
Hilangkan
faktor-faktor negatif yang dapat mengganggu belajar.
Daftar Pustaka
Djamarah,
S. B. (2002). Psikologi belajar.
Jakarta: Rineka Cipta.
1 November 2013
Tidak ada komentar:
Posting Komentar