Jumat, 01 November 2013

Pengaruh Lingkungan terhadap Motivasi Belajar (Silvana Winata)

Definisi Motivasi
     Hamalik mengemukakan bahwa motivasi adalah. "suatu perubahan energi di dalam pribadi seseorang yang ditandai dengan timbulnya afektif (perasaan) dan reaksi untuk mencapai tujuan” (dikutip dalam Djamarah, 2002, h. 114). Motivasi sangat diperlukan dalam belajar karena tanpa adanya motivasi, seseorang tidak mungkin melakukan aktivitas belajar. Motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik sangat penting dalam belajar. Motivasi intrinsik merupakan motivasi yang berasal dari dalam diri sendiri, sedangkan motivasi ekstrinsik merupakan motivasi yang berasal dari luar diri (Djamarah, 2002).
Definisi Belajar
     Slameto menyatakan bahwa belajar adalah, "suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya” (Slameto, dikutip dalam Djamarah, 2002, h. 13). “Belajar adalah serangkaian kegiatan jiwa raga untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman individu dalam interaksi dengan lingkungannya yang menyangkut kognitif, afektif, dan psikomotor” (Djamarah, 2002, h. 13).
Faktor Lingkungan yang Mempengaruhi Motivasi Belajar
     Faktor lingkungan keluarga. Lingkungan keluarga sangat berpengaruh terhadap motivasi belajar karena orangtua memiliki peran penting dalam proses belajar anak. Orangtua memberikan pendidikan kepada anak dari kecil hingga dewasa. Tetapi, ada pula anak yang tidak memiliki motivasi belajar karena adanya masalah keluarga. Masalah keluarga tersebut bisa disebabkan oleh perceraian orangtua dan orangtua yang terlalu sibuk bekerja sehingga terkesan mengabaikan anaknya.
     Faktor lingkungan pertemanan. Lingkungan pertemanan merupakan faktor eksternal yang sangat berpengaruh terhadap motivasi belajar. Jika teman-teman Anda giat belajar, maka Anda akan termotivasi untuk belajar. Akan tetapi, apabila teman-teman Anda memberikan pengaruh negatif, maka Anda juga akan terpengaruh teman-teman Anda.
Faktor Motivasi Belajar
     Faktor internal. Faktor internal merupakan faktor yang berasal dari dalam diri sendiri. Adanya kemauan dari dalam diri sendiri untuk belajar merupakan faktor paling mendasar. Bila seseorang sudah memiliki motivasi belajar yang kuat dari dalam diri sendiri, maka ia tidak akan terpengaruh oleh hal-hal eksternal.
     Faktor eksternal. Faktor ekternal dapat berpengaruh positif ataupun negatif pada motivasi belajar. Faktor positif seperti lebih giat belajar. Sedangkan, faktor negatif seperti pengaruh gadget. Walaupun pada masa globalisasi ini kemajuan elektronik telah semakin pesat, tetapi dapat juga memberikan pengaruh negatif kepada motivasi belajar. Contohnya, karena terlalu asik bermain gadget menjadikan seseorang lupa belajar.
Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar
1.    Adanya keinginan dari dalam diri sendiri,
2.    Masuk ke dalam pergaulan yang positif, dan
3.    Hilangkan faktor-faktor negatif yang dapat mengganggu belajar.
 
Daftar Pustaka
Djamarah, S. B. (2002). Psikologi belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
 
1 November 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar