Rabu, 13 November 2013

Depresi? Help! (Refacha Violany)

Depresi merupakan keadaan dimana seseorang merasa sangat sedih. Keadaan ini menyebabkan seseorang tidak mampu menjalani kehidupan sebagaimana mestinya, sehingga depresi menjadi penyebab utama orang melakukan aksi bunuh diri.
Banyak penyebab mengapa orang menjadi depresi. Beberapa contohnya seperti masalah finansial, kehilangan orang tersayang, merasa kesepian dan teracuhkan.
Depresi tidak dapat dihindarkan, jika merasa sesuatu tidak sesuai dengan harapan kita, maka kita akan menjadi sedih. Kesedihan ini dapat berujung pada depresi jika terlampau lama atau berlarut-larut.
Seseorang yang melakukan depresi perlu social support yang baik. Social support dapat berasal dari orang-orang terdekat, seperti keluarga maupun teman-teman.
Bagaimana cara menolong orang yang sedang terserang depresi?
  1. Jangan meninggalkan orang yang sedang depresi sendirian. Mereka membutuhkan orang-orang disekitarnya untuk selalu dapat berkomunikasi agar mereka tidak merasa kesepian dan teracuhkan
  2. Berikan selalu mereka motivasi untuk terus melanjutkan hidup
  3. Ajak mereka untuk menemui psikolog, agar mereka dapat melakukan terapi
  4. Bawa mereka keluar rumah untuk refreshing. Ajak mereka pergi ke taman, olahraga, atau melakukan hobi mereka.
  5. Yang terpenting adalah: usahakan selalu ada di sisi mereka saat mereka membutuhkan. Depresi merupakan faktor penyebab utama orang melakukan bunuh diri, maka itu damping mereka selalu agar mereka selalu merasa dibutuhkan.
3 November 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar