Rabu, 27 November 2013

Berpikir Sebelum Lebih Baik daripada Berpikir Setelah (Steven Theophilus)

Saya sedang membicarakan hal yang pastinya saya tidak akan alami seumur hidup dan yang perasaannya tidak mungkin dapat saya resapi, yaitu Kehamilan. Kehamilan bukan berbicara mengenai pertemuan antara sperma dan sel ovum saja dan kemudian terjadi pembuahan sehingga masa prenatal berlalu dan kemudian berlanjut hingga post-implanation embryo. Kehamilanmenyangkut seluruh aspek pada tubuh seorang wanita, yaitu perasaan, preparasi,preedukasi, prapenglihatan, dan persensi.
     Saat-saat kehamilan merupakan hal yang ditunggu-tunggu ataupun juga kebalikannya, dibenci. Persiapan kehamilan menyangkut aspek persiapan keuangan, kesehatan, keamanan, kenyamanan, dan kekuatan. Terkadang saat-saat melihat seorang ibu hamil, hal ini membuat saya membayangkan ibu saya. Terimbas dengan angan-angan apa yang sedang dipikirkan ayah dan ibuku saat mereka sedang dalam program perencanaan anak. Yang kutahu hanyalah mereka saling mencintai dan muncullah bayi mungil pada usia 9 bulan 10 hari. Apa yang dialami oleh ayahku dan ibuku ketika saya sedang dalam kandungan?. Yang kutahu hanyalah mereka sedang dalam kondisi fluktuasi ekonomi yang cukup terpuruk.
     Kehamilan menjadi hal yang menyenangkanjika:
a. Kehamilan menandakan harapan. Seorang bayi telah lahir bagi kita dan apa yang menjadiharapan sebuah keluarga pada masa depan.
b.Kehamilan hanya terjadi pada momentum. Kejadian tersebut tidak dapat dirasakan lagi ketika seorang ibu berusia 50 tahun ke atas karena adanya menopause dan banyak komplikasi lainnya.
c.Kehamilan telah dipersiapkan sebelumnya. Tidak ada seorang ibu di dunia iniyang terkejut kalau-kalau ia sudah melahirkan dan hal tersebut tidak disadari, kecuali ibu tersebut mengidap beberapa kelainan jiwa atau fungsi kognitif seperti schizophreniamental degradation, dll. Sesuatu yang telah dipersiapkan menandakan kesiapan untuk menghadapi realita bahwa bayiakan keluar.

     Beberapahal perlu diketahui sebelum mengatakan “saya bersedia” adalah:
a. Yang kamu nikahi adalah manusia bukan malaikat.
b. Engkau akan menghabiskan sisa hidup anda bersama dengan pasangan anda sekurang-kurangnya setengah abad.
c. Apa yang ada cari sebelum anda nikah? Kebahagiaankah? Kebahagiaan bukanlah jaminanmutlak dari sebuah pernikahan. Cobalah buka WestminsterConfession bagian yang pertama.
d.Janganlah mencemarkan ranjang. Segala hal yang dilakukan dengan curi-curimerupakan celah dan aib di masa depan.
e. Untuk seorang perempuan, taatilah kepada suami dan belajarlah menjadi penolong yangsejati dan sepadan.
f. Untuk seorang laki-laki, kasihilah istri anda dengan sepenuh hati, pikiran, dankekuatan. Tidak ada hukum manapun yang melarang hal tersebut.
g. Berdasarkanteori Cinta Stenberg, milikilah commitment,passion, & intimacy pada pasangan anda.

15 November 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar