Rabu, 27 November 2013

Respect yourself (Dhiya Afifah Purvia)


Bagi seseorang kehormatan diri adalah segalanya. Seseorang dapat percaya diri dalam bersosialisasi dengan lingkungan, merasa dirinya berharga, dan dapat mempercayai orang sekitarnya karena merasa bahwa dirinya terhormat dan merasa dihormati oleh orang lain. Apa yang terjadi jika kehormatan itu telah hilang?
     Dari kecil mungkin dalam suatu keluarga sudah di ajarkan bagaimana kita menjaga diri serta diajarkan betapa pentingnya menjaga martabat sebagai manusia. Bagi perempuan, dirinya terhormat apabila ia dapat menjaga keperawanannya. Bagi laki-laki, dirinya terhormat apabila dapat menghargai wanita yang ada di sekitarnya. Dengan berjalannya waktu, tampaknya ajaran tersebut sudah sedikit memudar. Mengapa demikian? kasus pemerkosaan yang terjadi khususnya di Indonesia sudah tidak sedikit. Artinya, sudah banyak orang yang melakukan hubungan seksual dengan tidak semestinya.
     Bagi wanita yang menjadi korban, pemerkosaan merupakan suatu kejadian yang sangat menyakitkan. Kejadian tersebut tentu tidak menyenangkan untuk di kenang, sehingga dapat menimbulkan rasa trauma pada dirinya serta dapat merusak masa depan wanita tersebut karena akibat dari kejadian itu sangat berbekas pada wanita. Bagi laki-laki yang menjadi korban, tentu juga merasakan hal yang sama hanya saja kejadian tersebut tidak menimbulkan bekas secara fisik pada bagian genitalnya.
     Siapa yang bersalah atas terjadinya pemerkosaan ini? Yang bersalah adalah keduanya, bisa korban ataupun pelaku. Korban dapat dikatakan salah apabila ia memancing pelaku untuk melakukan itu dengan menggunakan pakaian ketat, pendek, tipis. Walaupun ia tidak bermaksud untuk menggoda tetapi dengan ia berpakaian seperti itu dapat merangsang gairah laki-laki untuk melakukan hal tersebut. pelaku tentu dapat dikatakan bersalah karena ia melakukan sesuatu yang tidak semestinya. Walaupun korban melakukan sesuatu seperti memancing tetapi dengan ajaran yang telah di ajarkan seharusnya ia dapat berfikir dengan baik dan jernih akibat dari perbuatannya.
     Jadi, apa yang harus kita lakukan? Seharusnya kita menjaga diri untuk terhindar dari perbuatan tersebut. Selain itu, orangtua sebaiknya sudah mengajarkan anak dari dini bagaimana sentuhan yang wajar maupun yang tidak wajar serta mengajarkan anak mengenai seks supaya anak tidak mencoba sendiri karena rasa ingin tahu. Dapat disimpulkan bahwa apapun yang orang lain lakukan terhadap diri kita tidak hanya karena kesalahan mereka tetapi juga dapat karena diri kita sendiri.

19 November 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar