Rabu, 13 November 2013

Salah Siapa? (Evy)

Jika ada sebuah kejadian, seorang wanita berjalan ditempat umum dengan berpakaian agak seksi, kemudian datang seorang lelaki menyentuh bagian tubuhnya dan wanita tersebut merasa dilecehkan. Kasus tersebut merupakan salah siapa?
Kesalahan ada pada keduanya, jika ada stimulus maka ada juga respon. Wanita dengan pakaian seksi tersebut merupakan stimulus yang diresponi oleh lelaki yang melakukan pelecehan tersebut. Mengapa kesalahan ada pada keduanya? Respon tersebut tidak akan terjadi apabila wanita tersebut tidak memberikan stimulus. Selain itu, sebagai seorang lelaki memang normal jika tertarik akan bentuk tubuh wanita, tetapi yang menetukan benar atau salahnya adalah cara merespon stimulus tersebut. Jika lelaki tersebut merespon dengan cara yang akan merugikan korban, maka itu adalah suatu kesalahan.
Walaupun pakaian cenderung terbuka atau menonjolkan bagian tubuh tertentu dapat mengundang kejahatan, tetapi berpakaian tertutup tidak menjamin terhindar dari kejahatan yang tidak diinginkan. Seperti di Arab lebih banyak terjadi kasus pemerkosaan dari pada di Afrika yang penduduknya memiliki pakaian sangat minimal.
Untuk meminimalisir hal yang tidak diinginkan, sebaiknya berpakaian sewajarnya sesuai dengan tempatnya. Untuk kaum lelaki agar bisa lebih mengontrol diri jika ada stimulus yang memancing sehingga tidak meribetkan diri sendiri dengan terjerat kasus.

8 November 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar