Rabu, 27 November 2013

Learn how to enjoy relationship (Agnes Vivi)


Apakah kalian pernah merasakan kehampaan di dalam sebuah hubungan? Contoh paling mudah adalah hubungan dengan pasangan atau pacar kalian (pastinya bagi yang sudah memiliki ya.. hehehe..)

Sebelum menulis blog ini, saya sempat mendengar sharing teman saya mengenai perasaan nya yang sedang “hampa” alias “kosong” akan hubungan yang sedang ia jalani dengan pacarnya. Hal itu karena kesibukan yang keduanya alami, sibuk dengan organisasi, sibuk dengan tugas, hingga sibuk dengan pekerjaannya masing-masing, sehingga mereka tidak memiliki waktu luang untuk bersama-sama.

Nah, kehampaan dan kekosongan ini bukan hanya milik pasangan yang masih berpacaran loh, pasalnya, pasangan yang sudah menikah pun juga tidak sedikit yang memiliki perasaan seperti ini. Hal ini karena memang tidak selalu mudah untuk membangun sebuah hubungan tanpa merasakan kekosongan. Maka dari itu, setiap pasangan harus dapat merawat hubungan dan harus dilakukan oleh kedua belah pihak.

Di awal tahun pernikahan biasanya akan muncul beberapa masalah, seperti perbedaan gaya hidup, banyaknya argumen, dan waktu dimana pasangan mulai saling mengenal dari hal yang umum hingga hal yang paling rahasia. Terlebih lagi, hal ini dikarenakan keluarga terdekat adalah pasangan hidup mereka. Kunci utama dalam keberhasilan hubungan, khususnya untuk saling mengenal satu dan yang lainnya adalah komunikasi. Komunikasi yang terjalin pun harus komunikasi dua arah sehingga kedua pasangan dapat saling mengenal satu dan yang lainnya. Komunikasi pria dan wanita itu berbeda, halini yang membuat kemungkinan munculnya masalah di antara pria dan wanita. Cara lainnya yang juga cukup penting adalah kedua pasangan harus meluangkan waktu untuk bersama-sama dan pergi keluar dan melakukan apa yang dilakukan saat sebelum menikah.


Masalah di dalam hubungan pernikahan pun tidak berhenti sampai disitu saja. Saat memiliki anak, akan muncul lagi masalah-masalah baru, antara lain semakin banyaknya waktu yang tersita dan akan memprioritaskan segalanya untuk anak. Selain itu, masalah juga ada pada pasangan paruh baya yang sudah mulai jenuh dengan hubungan yang sudah terjalin lama dan monoton. Masalah lainnya adalah saat masa tua, saat kedua pasangan sudah menjadi tua dan hanya hidup berdua tanpa ada orang lain disekitarnya. Selain komunikasi, hal penting lainnya di dalam hubungan adalah kompromi dan komitmen. So, sebaiknya, setiap pasangan harus meng-kompromi-kan apa yang ingin menjadi komitmen-nya dengan menggunakan cara komunikasi yang tepat!

20 November 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar