Rabu, 27 November 2013

Rencana kesiapan psikologis setelah operasi Mastektomi (Steven Theophilus)


 Kanker payudara merupakan masalah yang cukup serius bagi kaum perempuan. Setelah kanker leher rahim, maka kanker payudara ini banyak ditemui oleh kaum Hawa. Hal ini dapat terjadi pada 1diantara 1.000 perempuan di dunia. Kanker payudara merupakan tonjolan kecil pada area sekitar daerah puting susu dan lama-kelamaan akan semakin membesar. Kanker tersebut diakibatkan oleh keganasan sel-sel pada epitel dan sekitar lobulusnya.


Saran praktisdalam penerimaan psikologis bagi mereka yang telah mengalami masketomi padausia baya:
a. Banyak-banyaklahmengucap syukur atas kondisi kesehatan fisik anda. Bersyukurlah untuk operasiyang telah sukses dijalankan dan terus pantau perkembangan kesehatan daridokter atau rumah sakit setempat secara berkala.
b.Carilah bantuan sosial yang dapat terus mendukung pemulihan kesehatan anda baiksecara moral, finansial, kasih, dan afeksi. Buatlah atau carilah sebuah grupbagi orang yang mengalami hal yang sama dan sharingkan setiap pengalaman andadengan yang lain sehingga dapat saling menguatkan dan mendukung hidup yangsehat secara psikologis.
c. Periksalahsecara konsisten pada area puting payudara untuk memastikan bahwa kankertersebut tidak muncul kembali.
d.Jagalah pola hidup sehat seperti, mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran,rajin berolah raga dengan rutin, banyak minum air bening setidaknya 2,5 literairnya setiap hari, dan tidur secukupnya setidaknya 6 jam sehari dimulai darijam 11 malam.

15 November 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar