Rabu, 13 November 2013

Eating Disorder (Gusti Andini)

Perempuan.... Body image seorang perempuan merupakn salah satu hal penting baginya. Memiliki badan yang ideal menjadi salah satu dambaan bagi para perempuan. Kalian pasti sangat ingin bukan memiliki tubuh idealll???? Segala cara pasti dilakukan bagi perempuan yang sangat mendambakan sosok tubuh yang ideal. Dari sini banyak seorang perempuan yang mulai terganggu dalam pola makan. Atau bisa disebut dengan Eating disorder (gangguan makan)

Gangguan makan mengacu pada sekelompok kondisi yang ditentukan oleh kebiasaan makan abnormal yang mungkin melibatkan baik asupan makanan tidak mencukupi atau berlebihan yang merugikan kesehatan individu fisik dan mental. Gangguan makan bukan berati cara diet yang salah, bukan semua cara diet yang salah disebut gangguan makan tetapi ada banyak berbagai macam gangguan makan atau yang biasa kita sebut dengan eating disorder seperti anorexsia nervosa, bullimia , dan binge eating diaorder.
Kita coba bahas satu satu yaa....
 

Pertama itu Anorexsia disorder ini dimana orang hanya makan dengan porsi yang sangat sedikit bahkan hampir tidak makan sama sekali akibatnya tubuh mereka terlihat sangat kurus sekali dan terlihat seperti hanya tulang yang dibungkus oleh kulit. Biasanya orang yang mengalani gangguan ini merasa dirinya selalu gemuk padahal berat badan mereka sudah sangat kurus, ini yang membuat berat badannereka drastis turun.Mungkin dikarenakan obsesi yang tinggi memiliki tubuh langsing seperti para model. 
Yang kedua itu Bullimia, gangguan makan yang biasanya penderita ini tetap dengan porsi yang biasa dia makan, bahkan kadang melebihi porsi biasanyaa, tapi setalah itu mereka merasa menyesal dengan apa yang mereka lakukan. Akhirnya mereka membuang makanannya kembali yang telah mereka makan dengan cara memuntahkannya. Penderita gangguan bullimia ini hampir sama dengan anorexia. Sama sama terobsesi dengan tubuh yang amat langsing seperti para model. Tetapi pada bullimia biasany tidak sekurus anorexia. Dan yang terakhir itu Binge eating disorder nahhh ini kebalikan dari gangguan sebelumnya, dimana orang yanv memiliki gangguan ini tidak pernah merasa kenyang jadi orang ini selalu merasa lapar. Rasa lapar yang dimilikinya cukup besar dan membuat mereka memiliki kelebihan berat badan yang sangat berat.

Gangguan makan ini sangat berbahaya bagi kesehatan, tapi mengapa gangguan makan ini bisa terjadi terus menerus???? Yaaaaa... Karna Penampilan bagi perempuan merupakan salah satu hal yang paling terpenting. Tetapi bukan berati harus merusak badan anda dengan obsesi yang cukup tinggi bukan??? Bentuk tubuh yang ideal sebenernya bukan segalanya jika usaha itu membahayakan kesehatan tubuh kita. Karna kesehatan lah yang nomor satu. Agar kita bisa terus beraktifitas.

Namunnnnn ....  Jika halnya kalian ingin diettt.. Dietlah dengan cara yang baik, tanpa mengurangi porsi makan yang amat berlebihan. Kurangin porsi makan anda sedikit demi sedikit dan perbanyak lah makan buah maupun sayuran. Dan jangan lupa untuk berolahraga!!!! :)


6 November 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar