Rabu, 13 November 2013

Tubuh Ideal wanita (Talissa Carmelia)


    Tubuh ideal adalah keinginan semua wanitadi dunia. Wanita sangat memikirkan dan memprioritaskan bentuk tubuh yang dimilikinya. Memiliki tubuh langsing, tinggi tubuh yang semampai, kulit putihbersih merupakan impian setiap wanita. Impian ini menjadi motivasi para wanita untuk terus berusahamempercantik diri. Dari salon hingga dokter kecantikan akan menjadi pilihanbagi wanita. Namun usaha wanita sering melangkahi batas wajar dalam melihatkecantikan.  Tujuan utama untuk menjadicantik, membuat para wanita berusaha mati-matian memiliki tubuh ideal. 

    Di acara televisi, iklan maupun pada suratkabar, wanita yang cantik digambarkan memiliki tubuh yang langsing sepertisupermodel. Para wanita yang terus melihatnya menjadi terpengaruh dalammemandang body image dirinya sendiri.Wanita yang telah memiliki tubuh kurus, tetap merasa gemuk. Mereka menyebutkanbahwa mereka tidak puas dengan bagian tubuh mereka yang terlihat besar, bisatangannya, paha, betis bahkan bentuk wajah yang chubby. Para wanita merasakurang percaya diri dengan bentuk tubuhnya saat ini. Sehingga mereka akan terusberusaha dengan berbagai cara seperti diet, olahraga maupun berbagai operasi kecantikan. Namun sering sekali para wanita ini melakukan cara yang salah untuk menguruskan diri. 
   
     Para wanita akan membatasi makanannya dengan sangat ketat. Mereka hanya akan memakan semuamakanan rendah lemak, sehingga sering sekali melupakan gizi yang dibutuhkantubuh mereka. Selain itu, mereka akan berusaha olahraga sebanyak dan selamamungkin. Dimana seharusnya olahraga yang baik dilakukan selama 30 menitsetidaknya dua kali seminggu. Para wanita bisa menghabiskan waktu untukfitness, yoga atau pilates berjam-jam dalam satu hari, melebihi batas wajar.

     Cara pandang wanita akan bentuk tubuh yangsalah, para wanita yang terlalu obsesi dengan tubuh kurus sering menyebabkan eating disorder. Eating disorder adalah gangguan pola makan. Terdapat tiga gangguanmakan,yaitu anorexia nervosa, bullimianervosa dan binge eating disorder. Umumnyapenderita eating disorder lebihbanyak wanita, tetapi banyak pula pria yang juga mengalami penyakit ini. Gangguan makan ini akan memberikan dampak yang besar bagi penderitanya,  bahkan penderita gangguan ini bisa mengalamibanyak penyakit, dari obesitas hingga kematian.

  Oleh karena itu, bentuk tubuh bukanlah prioritas utama dalamkehidupan.  Melainkan kesehatan tubuh itusendiri. Dengan tubuh yang sehat, kita mampu melakukan setiap aktifitassehari-hari dengan baik dan lancar. Bahkan dengan memiliki tubuh yang sehat,maka kita mampu menghabiskan waktu bersama dengan orang yang dicintai tanparasa sakit. Para wanita harus mampu menerima dirinya sendiri, melihat kelebihan yang dimilikinya dan percaya diri dengan apa yang dimilikinya.

4 November 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar