Rabu, 13 November 2013

Sexualy Transmitted Infection and Diseases (Jeanne Khu Sanny)

     Dalam melakukan aktivitas seksual, hal yang patut diperhatikan adalah menjaga kebersihan dan kesehatan agar terhindar dari infeksi dan penyakit. Terdapat 25 jenis infeksi di dunia. Kita akan membahas beberapa jenis infeksi dan penyakit seksual diantaranya adalah pubic lice, scabies, gonorrhea, syphilis, chlamydia, vaginal infections, viral hepatitis dan herpes. Infeksi dapat terjadi secara kontak langsung maupun tidak langsung.
Terdapat dua jenis Infeksi Ectoparasitic diantaranya adalah:  1) Pubic Lice berbentuk parasit; kutu ini sangatlah kecil, serangga tidak bersayap yang dapat menempelkan dirinya sendiri dirambut pubik dengan cakar mereka. Mereka memakan pembuluh darah yang berada di bawah kulit dan sulit untuk di deteksi oleh orang dengan warna kulit yang terang; 2) Scabies adalah infeksi ektoparasit kepada  kulit oleh tungau Sarcoptes scabiei.  
Terdapat tujuh jenis Infeksi Bakteri diantaranya: 1) Chlamydia adalah bakteri kecil yang hanya dapat dilihat menggunakan mikroskop elektron. Chlamydia pada pria meliputi rasa sakit dan sulit buang air kecil dan pengeluaran nanah dari urethra. Pada wanita, gejala-gejala tersebut meliputi sakit ketika buang air kecil, pengeluaran nanah dari vagina, sakit pada area perut, dan pendarahan diantara periode menstruasi; 2) Gonorrhea disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrboeae. Wanita jarang menyadari gejala infeksi ini, sedangkan gejala pada pria menjalar ke urethra. Hasilnya muncul tetesan nanah dari penis, yang awalnya encer, berwarna seperti susu hingga menjadi kental, berwarna hijau kekuningan dengan bercak darah; 3) NSU (nonspecific urethritis) dan NGU (nongonococcal urethritis) ketika seorang  mengalami rasa sakit pada urethra tanpa sebab yang jelas. Biasanya pasien yang mengeluhkan rasa sakit pada urethra dan diberikan tes untuk mendeteksi infeksi gonorrhea dan chlamydia; 4) Sifilis merupakan penyakit yang selalu menyebar melalui aliran darah dan merupakan infeksi sistemik yang membahayakan nyawa. Hal ini diderita oleh pelaku prostitusi yang ketergantungan obat-obatan terlarang. Pelaku prostitusi tersebut juga kemungkinan menjadi sumber penularan HIV; 5) Vaginitis merupakan pembengkakan vagina oleh bakteri ; 6)Viral Hepatitis  terdiri dari  tujuh virus yang menyebabkan hepatitis, yaitu hepatitis A sampai hepatitis G yang ditularkan melalui aktivitas seksual; 7) Human papilloma virus (HPV) adalah viral STD yang paling umum di Amerika. Virus ini dapat menimbulkan bisul/kutil pada alat kelamin dan menyebabkan kanker serviks dan kanker-kanker lainnya yang terjadi di vagina, vulva, anus, dan penis.
Infeksi lainnya yaitu 1) Candidia yang terjadi pada organ seksual vagina berupa rasa terbakar, atau gatal serta banyaknya cairan yang keluar dari vagina; 2) Trichomonas berbentuk protozoa yang menyebabkan infeksi pada kedua jenis kelamin yang biasanya ditularkan secara seksual dan non seksual. Contohnya adalah wanita yang terinfeksi dan terkontaminasi di dudukan toilet, tisu bekas, dimana organisme tersebut bertahan selama 45 menit.
Infeksi dan penyakit kelamin dapat berdampak pada aspek psikologis seseorang, seperti:
  1. Denial atau penolakan yang membuat orang mengambil kesempatan untuk terinfeksi dan menunda mencari pengobatan padahal tindakan penyembuhan sangat penting.
  2. Anger atau kemarahan merupakan komponen lain dalam STD. Sumber dari infeksi seseorang mungkin menjadi target kemarahan, misalnya partner seksnya atau dirinya sendiri
  3.  Depression atau depresi adalah hasil yang dapat diprediksi dari segala jenis kehilangan yaitu kehilangan percaya diri, kehilangan hubungan, kehilangan kesuburan.
  4.  Withdrawal disini adalah menarik diri dari hubungan sosial. Terjadi disebabkan oleh depresi, kehilangan rasa percaya diri, rasa malu dan takut menginfeksi orang lain, penarikan diri ini menyebabkan putusnya dukungan sosial seseorang ketika mereka sebenarnya sangat membutuhkannya. Di beberapa kota besar, terdapat support group untuk orang-orang yang menderita herpes dan HIV.
Dari berbagai uraian mengenai infeksi dan penyakit seksual diatas, semoga dapat memberikan pengetahuan lebih kepada pembaca. :D
 
6 November 2013 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar