Minggu, 10 Maret 2013

Teknik Wawancara dalam bidang Klinis Anak Dan Dewasa (Bill John)

   Wawancara merupakan salah satu alat yang di gunakan para psikolog dalam menggali informasi, secara keseluruhan wawancara di definisikan sebagai salah satu teknik untuk menggali informasi yang di lakukan dengan proses tanya jawab kepada orang lain( interviewee)

     Pada kesempatan kali ini saya hanya ingin sharing tentang apa saja yang saya dapatkan dalam pelajaran teknik wawancara dan kendala yang terjadi, serta apa yang di dapat khususnya dalam mewawancarai seorang psikolog klinis dewasa.
 
     Masalah yang saya dapatkan ketika akan mewawancari seorang psikolog adalah masalah dalam mengatur waktu  antara psikolog yang akan di wawancarai, karena saya harus membolos untuk pertama kalinya, dikarenakan jadwal kuliah yang saya ambil begitu padat sehingga tidak memungkinkan mencari waktu lain. Tetapi perjuangan untuk membolos tidak sia-sia walaupun saya agak kurang puas dengan hasil yang di berikan oleh psikolog tersebut dikarenakan tugas untuk mewawancarai berjalan dengan lancar.
     Dan yang saya dapat dari hasil wawancara tersebut adalah bagaimana kita harus mengerti dalam memperlakukan klien,  karena terdapat klien yang pasif maupun yang aktif. Kita harus pintar melakukan pendekatan terhadap klien (membina rappot) supaya klien mau terbuka untuk menceritakan masalahnya dan kita sebagai psikolog harus berfikir luas dalam arti kita tidak boleh melihat satu sisi saja dalam permasalahan yang di hadapi oleh klien.

     Pelajaran yang saya dapat dalam melakukan wawancara adalah kita tidak harus melakukan persiapan sebelum melakukan wawancara serta kita sebagai pewawancara tidak boleh menggurui atau sok tau dalam melakukan wawancara di karenakan informasi yang kita dapat akan kurang efektif , kita sebagai pewawancara bertugas menggali informasi sebanyak-banyaknya dan pura-pura tidak tau tetapi kita harus tetap mempunyai tujuan dalam melakukan wawancara tersebut.


3 Maret 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar