Minggu, 31 Maret 2013

gambaran sosial (Hero Putera Halim)

Identitas diri, memegang peranan penting juga lho ternyata dalam proses pencarian informasi dan untuk melengkapi data yang belum didapatkan saat kita melakukan wawancara terhadap seseorang.. identitas diri ini ternyata masuk dalam bagian sosial history juga lho kawan, ingin tahu lebih lanjut mengenai sosial history? let's check this out..^^
      Sosial history, mungkin beberapa dari kalian pasti pernah bukan mendengar mengenai hal ini? sosial history ini ternyata merupakan data-data mengenai biodata atau identitas diri mengenai klien atau orang yang ingin kita wawancarai lho.. hanya saja, cakupan dalam sosial history ini lebih luas dari sekedar biodata biasa.. educational level attained, family of origin,dll.. beberapa hal yang tadi ternyata merupakan bagian dari sosial history lho.. cukup berbeda kan kawan dengan biodata pada umumnya.. 
      Educational atau yang sering kita kenal sebagai pendidikan, ternyata dalam bagian ini orang yang diwawancarai / klien kita diminta untuk menceritakan mengenai bagaimana pengalaman beliau saat masa-masa sekolah, beliau juga diminta untuk menunjukan rapor / hasil studi nya saat masih besekolah dahulu, bagaimana pergaulan beliau saat ia bersekolah, dll.. sebenernya untuk apa si semua itu? seringkali kita tidak menyadari ternyata lingkungan sekolah itu memegang peranan penting dalam pembentukan kepribadiaan seorang anak.. kalau dalam lingkungan sekolahnya saja beliau sulit untuk bergaul ataupun sulit beradaptasi dengan lingkungannya bisa dipastikan beliau akan menjadi seorang yang sulit untuk bergaul di lingkungan selain sekolah, selain itu juga pergaulan yang kurang baik mengakibatkan seseorang bisa menjadi kurang baik. 
      Tidak hanya dibidang pendidikan saja, ternyata family of origin (keluarga asal) atau yang kita sering kita lihat di pohon keluarga yang terdiri dari kakek-cucu pada awalnya juga menjadi pertimbangan seorang psikolog untuk mencari tahu akar masalah dari seorang klien ini.. contohnya saja, kasus skizofrenia, kasus skizofrenia bisa terjadi karena adanya pengaruh gen atau keturunan, kalau seandainya salah satu keluaga (ibu) mengalami skizofrenia, hal ini tidak menutup kemungkinan seorang anak nya bisa mengalami skizofrenia.. 
     setelah mengetahui mengenai beberapa hal yang tercakup dari sosial history ( sejarah sosial), ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan hal ini : 1. mencoba untuk peka atau cari tahu mengenai ras atau etnis dari klien atau orang yang mw kita wawancarai , 2. ingat kita sedang mewawancara, bukan mengintrogasi seseorang, 3. cobalah untuk mendengarkan dan fokus terhadap apa yang dikatakan klien, dll..
ternyata sosial history dari seseorang itu penting lho teman", dari sini kita belajar bahwa untuk menjadi pewawancara yang baik sosial history adalah hal yang patut untuk difokuskan karena itu akan membantu kita untuk mendiagnosa / memperkirakan gangguan atau apa yang menyebabkan klien/orang yang kita wawancarai bermasalah.

25 Maret 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar