Selasa, 26 Maret 2013

I think... (Steven Kosasih)



Perkuliahan kali ini membahas mengenai kehamilan dan kelahiran serta kontrasepsi dan aborsi.. sebenarnya pembahasannya sangat menarik tapi entah mengapa saya agak miris mengenai pembahasan dibagian tentang kontrasepsi karena begitu banyak alat kontrasepsi yang dimana mengerikan bagi saya terutama seperti pemasangan alat2 yang dipasang didalam vagina wanita mulai dari ring, cincin, spiral, kondom bahkan sampai yang ditanam didalam tubuh seperti implants. Tentunya alat-alat kontrasepsi ini akan memiliki efek samping didalam menggunakannya seperti pengaruh hormonal dan banyak kasusnya akan susah mempunyai keturunan setalh menggunakan kontrasepsi. Hal ini juga menjadi pertanyaan saya.. mengapa banyak kasus yang terjadi setelah penggunaan kontrasepsi menjadi sulit hamil kembali dan Bu Henny memberikan penjelasannya yaitu setelah penggunaan alat kontrasepsi biasanya hormone belum stabil seperti sedia kala jadi setelah siklus masa efek dari alat kontrasepsi tersebut hilang dan hormone kembali stabil barulah bisa hamil, tidak hanya itu kehamilan juga dapat gagal karena pasangan berhubungan di waktu yang salah (tidak dalam masa subur), sel sperma yang cacat atau kedua pasangan tersebut infertile. Jadi banyak faktor yang menyebabkan kehamilan tidak dapat terjadi…hmm
Lalu mengenai aborsi , saya sangat prihatin mengenai hal ini simple nya saya berpikir seperti yang kita ketahui bahwa mendapatkan seorang keturunan tidaklah mudah, lalu mengapa mereka yang sudah mendapatkannya malah dibunuh..ya tapi orang mempunyai berbagai macam alasan.. saya jadi teringat ucapan salah satu dosen yg mengatakan bahwa di jaman sekarang apabila anda hamil diluar nikah itu adalah hal bodoh mengapa demikian? Karena sudah ada kondom jadi seks sudah menjadi lebih aman pada jaman sekarang… ya menurut saya itu menurut pandangan dan persepsi masing-masing saja..mau melakukan seks diluar nikah atau saat menikah yang terpenting bagi siapapun yang memilih untuk melakukan sesuatu maka dia juga harus bisa menanggung risiko atas pilihannya tersebut, as that simple. sekian J
 
22 Maret 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar