Selasa, 26 Maret 2013

Love is unique (Farah Puspita Sari)

Cinta itu unik? yaa, karena cinta bisa datang kapan saja dan pada siapa saja. Cinta bisa datang karena adanya ketertarikan secara fisik. Daya tarik seseorang dapat terlihat dari penampilan yang mereka miliki. Daya tarik yang pertama kali menjadi pusat perhatian yaitu pada tubuh yang dimiliki oleh seseorang. Wanita lebih menyukai pria dengan tubuh yang tinggi, berbadan tegap dengan bahu bidangnya, berotot, dan sangat maskulin. Pria lebih menyukai wanita dengan tubuh yang langsing, bentuk payudara yang indah dan pinggul yang lebih besar daripada pinggangnya. Ukuran lingkar pinggang dan lingkar pinggul pada wanita akan berpengaruh pada saat wanita melahirkan seorang anak. 
Selain tubuh, wajah juga memiliki daya tarik. Wajah yang dinilai menarik adalah wajah yang simetris. Wanita akan tertarik dengan pria yang memiliki wajah maskuli dengan alis yang tebal, rahang yang tegas, hidung yang mancung, dan mulut yang simetris. Sedangkan pria, akan tertarik dengan wanita yang memiliki wajah yang feminim dengan alis yang tipis, dan rahang yang tirus. 
Dalam sebuah percobaan dihasilkan bahwa kebanyakan dari wanita akan memilih pria dengan suara rendah karena menurut mereka suara rendah seorang pria menunjukkan sisi maskulinnya. Sedangkan untuk pria lebih memilih wanita dengan suara tinggi karena akan terlihat sisi feminimnya. Suara sangat dipengaruhi oleh hormon. Pria yang hormon testosteronnya tinggi akan menghasilkan suara rendah dan wanita dengan esterogen tinggi akan menghasilkan suara yang tinggi. 
Selain bentuk tubuh, wajah dan suara ternyata bau badan kita juga memiliki daya tarik sendiri. Bau badan yang kita keluarkan berasal dari  cairan feromon yang keluar pada saat kita beraktivitas dan mengeluarkan keringat yang ternyata berperan dalam daya tarik kita. 
Hmm kalau dari tadi kita sudah banyak membahas mengenai bagian tubuh yang menjadi daya tarik kita, sekarang kita akan membahas mengenai teori evolusi. Menurut teori evolusi, manusia akan mencari pasangan hidup yang dapat menjamin anak yang sudah di keluarkan, dapat menjamin secara social financial untuk masa depan keluarga, ini merupakan dasar dari teori evolusi karena tanpa ini manusia tidak dapat bertahan untuk hidup dan tidak dapat melanjutkan keturunannya. Hal ini pertama kali diamati oleh hewan mamalia, mereka melakukan cara yang sama untuk melanjutkan keturunannya.  
Dan teori lain mengenai kesetiaan, pertanyaan yang menarik mengenai “mengapa terjadi ketidaksetiaan?" Hal ini terjadi karena adanya usaha untuk mencari yang lebih baik tetapi hal ini tergantung dari individunya mengenai decision yang mereka pilih. Menurut teori Stenberg ada tiga komponen dalam cinta yaitu passion, intimacy dan commitment. Keputusan yang membuat pasangan untuk tidak berganti-ganti pasangan, ya tergantung bagaimana komitmen yang telah Anda buat dengan pasangan Anda. Falling in love is easy but staying in love is something very special”
 
12 Maret 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar