Sabtu, 30 Maret 2013

Social History (Riwayat Klien) (Muvid Ardian)



     Social history didalam dunia psikologi klinis yaitu suatu pengalaman diri semasa hidup klien yang berasal dari faktor biologis maupun faktor lingkungan . Dengan demikian, setiap diri klien mempunyai social history yang berbeda dengan klien yang lainnya, dapat dipastikan setiap individu klien itu mempunyai pengalaman-pengalaman yang berbeda (dapat di artikan sebagai riwayat hidup)
     Di dalam social history, biasanya dari social history tersebut psikolog dapat menggali informasi secara mendetail, misalnya: psikolog dapat mengetahui silsilah keluarga klien , psikolog dapat mengetahui prestasi klien, psikolog dapat mengetahui apakah dari diri klien ada gangguan mentalnya, dll. Berarti psikolog dapat mengetahui akar dari permasalahan klien dan dengan begitu psikolog nantinya dapat membantu klien menyelesaikan suatu permasalahan secara mudah. Dan biasanya psikolog mendapatkan informasi semuanya itu melakukan wawancara terlebih dahulu kepada klien dan di bantu dengan membuat catatan penting yang nantinya dapat membantu psikolog tersebut untuk mengenali akar permasalahan klien.
Beberapa faktor yang ada dalam diri klien:
1. Family history. Yang di maksud disini adalah seperti kebudayaan yang ada di dalam lingkungan keluarga,misal:  ibu dari budaya mana dan ayah dari budaya mana. Lalu dari urutan lahir si klien, apakah ada gangguan mental yang dialami dari silsilah keluarga si klien. Karena bagaimanapun juga faktor bilogis itu pasti akan terlihat dari informasi yang di berikan oleh klien.
2. Educational history. Yang di kasud adalah dari pendidikan klien, apakah di dalam dunia pendidikan tersebut klien dapat bersosialisasi dengan baik terhadap lingkungannya atau malah sebailknya. Bukan di lihat dari nilai raportnya saja karena nilai raport tersebut belum menjamin nilai sosial klien itu sendiri.
3. Legal history. Yang di maksud disini adalah apabila klien bermasalah atau pernah menggunakan obat-obatan terlarang, dan bisa berasal dari keluarga atau teman yang ketergantungan obat-obatan sebelumnya sehingga klien juga ikut dalam permasalahan terhadap obat-obatan terlarang itu.

Jadi anda tahu kan social history yang di maksud disini  adalah riwayat hidup klien yang berarti akar dari permasalahan klien, dan itu harus di gali secara mendetail agar dapat membantu klien yang lainnya. Anda mengerti dari sekarang?

27 Maret 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar