Kamis, 28 Maret 2013

Pentingnya Perencanaan dalam Membangun Sebuah Keluarga (Sylvia Kristiani)

Sebagian besar orang memiliki keinginan untuk melestarikan keturunan. Hal itu dapat dicapai dengan adanya kehamilan pada wanita. Akan tetapi, kehamilan dan anak yang diinginkan terkadang tidak kunjung datang walaupun pasangan telah mencoba melakukan berbagai hal. Hal tersebut menyebabkan pasangan dapat mengadopsi anak untuk mereka rawat dan mereka besarkan.
Kehamilan juga perlu direncanakan dengan baik, seperti misalnya jumlah anak yang diinginkan, jarak antara masing-masing anak, jenis kelamin anak, dan hal-hal lainnya. Tidak mudah memang untuk mendapatkan anak sesuai dengan apa yang diinginkan dan yang telah direncanakan, tetapi tetap perlu adanya perencanaan dalam membangun sebuah keluarga.
Merencanakan sebuah keluarga juga dapat dilakukan dengan menggunakan alat kontrasepsi. Penggunaan alat kontrasepsi harus dirundingkan bersama dengan pasangan agar kedua belah pihak sepakat untuk menggunakan alat kontrasepsi tertentu. Setiap alat kontrasepsi memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing. Oleh karena itu, pasangan harus menyepakati alat kontrasepsi yang akan digunakan.
Jenis kelamin anak juga dapat direncanakan dengan mengetahui masa subur wanita. Bagi wanita yang belum menikah, mencatat waktu masa subur mereka mungkin bukanlah merupakan suatu hal yang penting. Masih banyak wanita yang kurang peduli dengan waktu subur mereka, padahal hal tersebut merupakan hal yang penting dan dapat dirasakan manfaatnya, terutama ketika ingin memiliki anak dengan jenis kelamin tertentu. Selain itu, mengetahui masa subur juga dapat digunakan untuk mengetahui kesehatan reproduksi seorang wanita. Jika terdapat hal-hal yang tidak sewajarnya, maka hal tersebut dapat segera ditangani sedini mungkin untuk kesehatan wanita itu di kemudian hari.
Hal tersebut memberikan inspirasi bagi saya untuk lebih memperhatikan kesehatan diri sendiri, termasuk kesehatan dalam hal reproduksi dengan mengetahui masa subur demi menghasilkan keturunan yang baik serta pentingnya merencanakan kehamilan demi terciptanya keluarga yang bahagia.
 
25 Maret 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar