Minggu, 31 Maret 2013

"Apa yang saya rasakan?" (Ayu Thannia Dewi)

"Apa yang saya rasakan hari ini, saat ini?"
Saat ini saya merasa luar biasa annoyed, kesal, dan siap mencakar semua orang yang mengganggu. Alasannya mudah, saya sudah menulis satu halaman penuh untuk blog ini, dan kemudian dengan satu kesalahan, semuanya hilang dan tidak dapat dikembalikan. Rasanya luar biasa. 


     Namun tidak setiap saat kita dapat menjawab pertanyaan itu kan? Seperti ketika Anda sedang duduk di kelas, dengan satu tangan menopang dagu dan tangan lainnya memegang pulpen, sembari mendengarkan Dosen mengajar. Apa yang Anda rasakan saat itu? Semangat? Datar? atau Bosan? Pertanyaannya biasa, mudah, namun mampu membuat kita menunduk, mengernyitkan dahi, dan bingung bagaimana menjawabnya. Pertanyaan yang lebih mendasar, "mengapa kita perlu memahami semua ini?"
     Setiap hari kita berinteraksi dengan orang lain, manusia lain, yang memiliki perasaan dan pikiran masing-masing. Dan di setiap kalinya, kita akan memilah sikap kita sesuai dengan siapa kita berhadapan. Terutama jika pekerjaan kita menuntut kita untuk sering berinteraksi dengan orang lain. Bayangkan kita sedang bertemu untuk membicarakan bisnis, tentu kita tidak akan ingin membuatnya tersinggung. Yang lebih mudah, saat teman kita bercerita dengan berapi-api, atau tersedu-sedu, bagaimana cara kita menanggapi mereka agar mereka tidak tersinggung apalagi marah dengan kita? Pahami perasaan mereka! Dan langkah pertama untuk dapat memahami perasaan mereka adalah, kita harus pahami perasaan kita terlebih dahulu.
Ada tiga langkah untuk mengeksplorasi perasaan;

  1. Pahami perasaan kita saat ini!
  2. Ketahui mengapa kita merasa demikian, apa sebabnya?
  3. Bagaimana kita ingin diperlakukan di saat ini?
     Di saat kita sudah mengetahui ketiga hal ini, akan lebih mudah untuk memahami perasaan orang lain. Caranya adalah, menempatkan kita di "sepatu" mereka. Bayangkan, dan refleksikan keadaan tersebut sebagai keadaan kita. Apa yang mereka rasakan, mengapa, dan bagaimana mereka ingin diperlakukan? Hal ini juga dapat membantu Anda ketika Anda bingung, melihat teman Anda menangis tersedu-sedu di samping Anda dan Anda panik, "Apa yang harus saya lakukan?". Think by reflecting.
 
11 Maret 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar