Rabu, 27 Maret 2013

Jenis-jenis dan Manfaat Alat Kontrasepsi (Indah Dwi Wahyuni)



Pada blog kali ini saya akan membahas tentang jenis dan manfaat alat kontrasepsi. Sebelumnya saya akan membahas apa itu alat kontrasepsi. Alat kontrasespsi adalah suatu cara atau metode untuk mencegah pembuahan atau fertilitas sehingga terhindar dari kehamilan. Kontrasepsi memiliki dua jenis, yaitu kontrasepsi dengan alat bantu dan kontrasepsi tanpa alat bantu.
Kontrasepsi tanpa alat bantu dapat dilakukan dengan senggama tertutup dan menghitung dengan sisitem kalender. Senggama tertutup adalah pada saat pria berada dipuncak senggama, pria mengeluarkan alat kemaluannya dari liang vagina sebelum sperma tersebut keluar dan mengitung dengan sistem kalender adalah wanita menghitung silkus haidnya setiap bulan dengan menggunakan kalender. Sedangkan kontrasepsi dengan alat bantu dapat menggunakan kondom, pil KB, KB suntik, inplant, dll.
Pada saat ini menggunakan alat kontrasepsi harus sudah menjadi pilihan yang harus dipilih oleh setiap pasangan. Karena saat ini Negara yang sudah berkembang seperti Indonesia ini, sudah mendukung program kontrasepsi untuk mengendalikan pertumbuhan jumlah penduduk dan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. Dalam hal ini Indonesia menyelenggarakan program Keluarga Berencana atau KB.
Dengan berpartisipasi untuk melakukan program KB, maka akan mengurangi kepadatan penduduk yang meningkat setiap tahunnya. Didalam program KB, setiap pasangan hanya dianjurkan memiliki dua orang anak. Disamping untuk mengendalikan jumlah pertumbuhan penduduk yang meningkat, program tersebut bertujuan agar setiap kelurga dapat meningkatkan kesejahteraan anak-anak mereka secara baik. Karena apabila mempunyai anak terlalu banyak akan membuat keluarga menjadi tidak fokus untuk merawat anak-anak mereka. Disamping itu, cara untuk mensejahterakan anak-anak merekapun harus mempunyai tingkat ekonomi yang cukup tinggi. Karena pada saat ini kebutuhan hiduppun semakin meningkat pula.

Ayoo ayoo dukung program Keluarga Berencana, “dua anak saja cukup”. Have a nice day J

26 Maret 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar