Selasa, 26 Maret 2013

BE CAREFUL! (Catherine Prana)

Alat kontrasepsi pada jaman sekarang semakin bervariasi. Melalui perkuliahan hari ini saya pribadi banyak mendapat pengetahuan baru mengenai alat kontrasepsi serta dampak yang mungkin timbul dari penggunaan alat kontrasepsi tersebut. Banyak pasangan yang menunda memiliki anak dengan berbagai macam alasan. Faktanya, pihak perempuan yang biasanya lebih banyak menggunakan alat kontrasepsi dibandingkan pria.

Alat kontrasepsi terdiri dari macam-macam bentuk, baik untuk laki-laki dan perempuan.. Untuk yang paling lazim dibicarakan adalah kondom.. Kondom yang baik terbuat dari bahan lateks.. Bagi laki-laki, vasektomi juga dapat menjadi pilihan alat kontrasepsi namun bersifat permanen sehingga masih banyak laki-laki yang tidak mau menggunakan metode tersebut karena konsep permanen itu.. Padahal walaupun pria sudah melakukan vasektomi, ia masih dapat menikmati hubungan seksual..

Bagi pihak perempuan, ada alat kontrasepsi yang dimasukkan ke dalam vagina, seperti ring.. Untuk yang permanen, perempuan juga bisa melakukan tubektomi dimana bagian tuba fallopi diikat sehingga tidak memungkinkan untuk hamil... Alat kontrasepsi berdasarkan tujuannya bisa digunakan untuk menunda kehamilan sementara dan secara permanen.. Kita harus berhati-hati terhadap penggunaan alat kontrasepsi tertentu terutama yang mengganggu fungsi hormonal kita, apalagi bagi pasangan yang tujuannya adalah menunda anak sementara

Ternyata, menunda anak dengan menggunakan alat kontrasepsi tertentu bagi pasangan yang belum pernah memiliki anak dapat menjadi sebuah bencana bagi pasangan tersebut. Alat kontrasepsi yang digunakan, baik pil maupun suntik, dapat mengganggu hormon yang ada dalam tubuh perempuan yang nantinya bisa menyebabkan keinginan memiliki anak benar-benar "tertunda".. "tertunda" yang saya maksud disini adalah benar-benar tidak bisa memiliki anak... Memang tidak semua kasus seperti itu, tetapi ada baiknya bagi pasangan yang baru menikah dan belum pernah memiliki anak tetapi ingin menunda, gunakan cara alami yaitu tidak berhubungan seksual selama masa subur.. Tentunya membutuhkan perhitungan yang tepat, kalau tidak ya sama saja hehehe....

Dampak lain yang mungkin adalah terjadinya infeksi karena alat kontrasepsi yang digunakan terlalu lama dibiarkan, bahkan ada yang menyebabkan bau tertentu.. 

Dengan mengetahui dampak yang mungkin ditimbulkan alat kontrasepsi, berhati-hatilah dalam memilih dan menggunakan alat kontrasepsi :)
 
22 Maret 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar