Minggu, 31 Maret 2013

Social History (Patricia Gloria)

Pada perkuliahan teknik wawancara mengenai topik Social History. Mengenai refleksi minggu ini mendapatkan mengenai keterampilan seorang interviewer yaitu mengetahui sejarah pada kehidupan oleh subjek atau interviewee. Social history berguna untuk mengetahui faktor lingkungan dan memberikan kontribusi pada sebab munculnya masalah pada interviewee.

Social history bertujuan untuk memberikan infromasi yang lebih mendeskripsikan kesulitan atau permasalahannya subjek atau interviewee. Ada beberapa area mengenai social history yaitu, kehidupan dalam keluarga, pendidikan, pekerjaan, status hubungan, jaringan sosial, sejarah seksual, catatan medis, psikoterapi, catatan hukum, pemakaian alkohol, pemakaian kafeein, agama, dll.

Pada sejarah keluarga perlu ditanya kepada interviewee bagaimana kehidupan dalam keluarga, tinggal dengan siapa, apa saja permasalahan dalam keluarga, ada atau tidaknya permasalahan yang pernah dialami salah satu anggota keluarga, dengan siapa saja subjek tinggal, hubungan dengan siapa saja. berguna untuk mengetahui latar belakang permasalahan subjek serta dibutuhkan membuat genogram.

Dalam kehidupan interviewee perlu juga mengetahui sejarah mengenai pendidikannya. Karena penting untuk berkomunikasi dengan baik dan dapat mengali lebih banyak informasi dari subjek. Berguna untuk mengkombinasikan bahasa subjek dengan interviewer.

Mengenai latar belakang pekerjaan. Perlu diperhatikan bahwa dalam menyanyakan bagi subjek yang tidak bekerja sebaiknya mengunakan pertanyaan "apa kesibukan anda". Supaya tidak memberikan penilaian pada subjek dan membuat klien merasa tidak nyaman dengan situasi tersebut.

Perlu ditekankan pada status hubungan klien atau subjek mengenai statusnya apakah melajang, menikah, bercerai atau telah meninggal. Mungkin juga permasalahan dapat muncul dari status hubungan pada klien. Dan pada hubungan pertemanan dengan klien, juga perlu di ketahui agar dapat mengetahui bagaimana hubungan dan kehidupan pertemanan dari klien.

Untuk klien atau subjek dalam kelompok usia dewasa perlu ditanyakan bagaimana kehidupan rekreasi subjek bagaimana subjek atau klien membawa stress dalam diri klien untuk melakukan kesenangan. Sedangkan pada sejarah seksual, juga perlu diketahu apakah subjek mengalami sexsual abuse atau tidak.

Catatan medis juga perlu karena juga akan berpengaruh pada klien apakah klien mengkonsumsi obat-obatan kafeein alkohol dan dapat juga permasalahan yang dialami oleh klien pada mengkonsumsi alkohol atau kafeein atau obat-obatan karena dapat saja mengalami efek samping. Kemudian catatan hukum yang pernah terjadi pada diri klien.

31 Maret 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar