Rabu, 27 Maret 2013

Information about Signs, Assistance, and Prevention of Pregnancies (Teguh Lesmana)


Di waktu sekarang ini, banyak yang dapat dilakukan agar dapat hamil. Untuk hamil bahkan wanita tidak perlu menikah hehehe tidak percaya? Ada caranya loh bahkan dengan teknologi sekarang seorang wanita yang sudah berumur 43 tahun pun dapat melahirkan. Proses ini dinamakan in vitro fertilization (IVF) yakni suatu proses yang dilakukan dengan cara memberikan pasien perempuan berbagai obat yang dapat memproduksi beberapa ovum (sel telur), dan ketika waktunya tepat maka sel telur tersebut akan diambil. Kemudian di lab setelah ovum diambil, langsung dilakukan upaya untuk fertilisasi sel telur dengan sperma yang sudah disiapkan. Setelah terbentuk beberapa embrio kemudian embrio tersebut dimasukkan kembali ke dalam uterus. Setelah itu hanya perlu menunggu proses kehamilan untuk terjadi. Yah meski begitu cara ini tidak selalu berhasil hehehe beberapa faktor seperti usia juga berpengaruh dalam proses ini, apabila usia sudah terlalu tua maka ada kemungkinan sel telur yang dimiliki kurang baik.

Nah kalau cara untuk mengetahui tanda-tanda kehamilan bagaimana? Dapat dilakukan dengan alat ukur kehamilan yang mengetes hormon dalam darah yang dikenal sebagai human Chorionic Gonadotropin (atau biasa disebut hCG), hormon ini diproduksi selama kehamilan. Hormon hCG ini dapat diproduksi oleh sel dalam plasenta yang berkembang dan dapat diidentifikasi dalam urine atau darah dalam waktu 8 sampai 9 hari setelah ovulasi. Tetapi tes hormon yang biasa dilakukan di rumah terkadang kurang akurat....yang paling akurat dari semua tes kehamilan adalah radioimmunoasay blood tests (RIA). Tes RIA ini dapat mendeteksi hCG dalam waktu beberapa hari setelah konsepsi dan juga berguna untuk memantau perkembangan kehamilan.

Pasangan yang sudah menikah sekian lama juga belum tentu dapat memiliki anak, hal ini disebabkan karena adanya masalah kesuburan atau biologis pada salah satu pasangan menikah. Tetapi ada cara yang dapat dilakukan agar pasangan menikah dapat memiliki anak. Beberapa cara tersebut adalah (1) Fertility drugs atau obat kesuburan untuk membantu pria dan wanita yang memiliki susunan hormon tidak biasa yang mungkin dapat menghalangi proses ovulasi atau produksi sperma. (2) Surgery, pada wanita dilakukan untuk memperbaiki abnormalitas pada bagian yang menghalangi masuknya sperma di fallopian tubes sedangkan pada pria juga dapat dilakukan untuk mengangkat segala sesuatu yang menutupi jalan keluarnya sperma di vas deferens.(3) Artificial insemination, adalah proses memperkenalkan sperma pada organ reproduktif wanita tanpa melalui hubungan seksual.

Tetapi seandainya pasangan belum mau memiliki anak maka ada beberapa alat kontrasepsi yang dapat digunakan untuk menghindari kehamilan. Cara yang paling mudah adalah menggunakan kondom, tetapi kalau di luar sana seperti di Amerika Serikat ada banyak cara yang dapat digunakan loh dan belum ditemukan di Indonesia seperti:
(1) Hormonal Ring: lebih dikenal sebagai NuvaRing, benda ini berbentuk cincin kecil yang dimasukkan jauh kedalam vagina. Setelah cincin tertahan di dalam vagina, suhu tubuh dan kelembaban akan mengaktifkan pelepasan dari hormon progestin dan estrogen yang dapat menghambat ovulasi.
(2) Patch: dinamai sebagai Ortho Evra Patch berbentuk seperti lembaran tipis yang dapat ditempel pada punggung, dada, pantat dengan tujuan yang sama dari hormonal ring yaitu melepaskan hormon progestin dan estrogen untuk menghambat ovulasi.
(3) Progestin-Only Pills: biasa disebut sebagai minipils merupakan pil yang dipakai untuk hanya menghasilkan hormon progestin, karena tidak semua wanita dapat menerima hormon estrogen. Fungsinya sama untuk menghambat ovulasi.
(4) Subdermal Implants: benda ini ditanam di bawah kulit lengan atas kemudian dengan sendirinya benda yang berbentuk silinder tabung ini akan mengeluarkan hormon progestin untuk menghambat ovulasi.
(5) Hormonal Injectables: adalah suntik hormon yang mulai bekerja dalam waktu 24 jam. Berfungsi menekan ovulasi, memperlebar dinding serviks dan mengubah lapisan endometrium.

Jadi bagaimana menurut anda? Kehamilan dan proses melahirkan itu merupakan sesuatu yang luar biasa dan penting bukan? hehehe itu sebabnya banyak ditemukan berbagai cara untuk membantu kehamilan bagi pasangan yang ingin punya anak. Tetapi kalau masih mau menunda kehamilan juga bisa dilakukan hehehe. Semoga semua informasi ini dapat bermanfaat bagi kita di masa yang mendatang and I hope you enjoyed reading it as I enjoy writing it :D

27 Maret 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar