Sabtu, 07 September 2013

Tahapan Perkembangan Perempuan (Dini Rachmalia)

kali ini saya akan membahas tentang bagaimana sih perubahan-perubahan yang terjadi pada perempuan dan apa saja dampak dari media terhadap perempuan..

nah yang pertama saya akan membahas tentang perubahan-perubahan yang dialami perempuan ketika menginjak masa remaja, Tanda utama kematangan seksual pada anak perempuan adalah haid, luruhnya jaringan dari dinding rahim. Haid pertama Menarche, terjadi relatif lambat dalam tahapan perkembangan perempuan, waktu normalnya dapat bervariasi dari usia 10 sampai 16,5 tahun. ada juga yang  dinamakan perubahan sex sekunder yang meliputi tumbuhnya payudara, pinggul mulai terbentuk, tumbuhnya rambut kubis, tumbuhnya bulu-bulu ketiak dan perkembangan areolae. nah disamping perkembangan fisik yang terjadi, pada masa remaja juga terjadi perkembangan psikososial dimana pada masa ini, bagi remaja usia ini teman adalah segalanya, dimasa ini juga biasanya remaja kian jauh dengan orangtua karena merasa ingin mandiri dan mencoba hal-hal baru. baginya hanya teman lah yang mengerti kemauannya saat ini dan hanya temanlah yang sepaham dengan dirinya. inilah yang memunculkan konflik dengan orangtua.

setelah peran orangtua dan teman, ada pula peran media terhadap remaja perempuan, namun dampak media lebih banyak merugikan, yaitu di media saat ini lebih menampilkan hal-hal yang tidak bermanfaat bagi remaja, mulai dari program tv yang ditayangkan lebih sering menampilkan remaja yang berpacaran, membantah orangtua dibandingkan dengan tayangan yang menyajikan program pengetahuan yang bisa menambah wawasan bagi remaja. dampak media lainnya yang merugikan yaitu lewat media lah remaja perempuan mengikuti pola hidup yang konsumtif dan lebih memperhatikan penampilan contohnya cara berpakaian, cara berdandan dan lebih memperhatikan bentuk tubuh. dari media ini lah yang memberikan contoh pola gaya hidup yang tidak baik bagi remaja perempuan saat ini, dengan demikian peran orangtua sangat penting bagi pertumbuhan remaja…

31 Agustus 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar