Kamis, 19 September 2013

Pernikahan atas dasar cinta? (Syifa Saviriandini)

Memutuskan menikah atas dasar cinta ? sepertinya cinta saja tidak cukup untuk memutuskan ke jenjang pernikahan. karena menikah dengan pacaran itu berbeda. memutuskan untuk menikah juga tidak hanya mengandalkan berapa lama kita berpacaran. banyak pasangan yang sudah berpacaran 8. lama tetapi hubungannya kandas dan tidak menikah. tetapi ada juga yang pasangan yang baru berpacaran beberapa bulan justru ternyata berjodoh dan langgeng. untuk memutuskan menikah kita harus memiliki intimacy, passion dan commitment. ini adalah tiga elemen tringular theory of love dari Sternberg. intimacy merupakan elemen emosi yang berhubungan dengan kedekatan yang mengarah pada hubungan, kepercayaan dan kehangatan. sedangkan passion merupakan elemen motivasi yang mendasari dorongan fisiologis ke arah seksual. commitment merupakan elemen kognitif yang mendasari untuk saling menyayangi dan mempertahankan hubungan. ada delapan tipe hubungan yaitu:
1. Nonlove : hubungan yang tidak memiliki ketiga elemen tersebut yaitu intimacy, passion dan commitment. contoh dari hubungan ini adalah interaksi kita terhadap orang yang duduk disebelah kita saat kita naik bis atau interaksi dengan orang yang baru kita kenal. pada dasarnya interaksinya tidak disengaja.
2. Liking : hubungan yang hanya memiliki intimacy. contoh dari hubungan ini adalah hubungan dengan sahabat, dengan teman dekat kita yang kita percaya saat berbagi masalah atau cerita senang maupun sedih
3. Infatuation : hubungan yang hanya memiliki passion. contoh dari hubungan ini adalah saat kita bertemu dengan orang lain atau orang baru lalu kita tertarik dengan orang tersebut atau bahasa jaman anak sekarang 'naksir' atau love at the first sight.
4. Empty love : hubungan yang hanya memiliki commitment. contoh dari hubungan ini adalah hubungan pernikahan jangka panjang. biasanya pasangan yang sudah menikah lama dan sudah lama bersama sama mereka akan berusaha untuk mempertahankan hubungan dan saling menyayangi.
5. Romantic love : hubungan yang hanya memiliki intimacy dan passion tetapi tidak memiliki commitment. contoh dari hubungan ini adalah pasangan yang tinggal serumah tetapi tidak menikah atau kumpul kebo.
6. Companionate love : hubungan yang memiliki intimacy dan commitment tetapi tidak memiliki passion. contoh dari hubungan ini adalah pasangan yang sudah berkomitmen dan merasa dekat satu sama lain. hubungan ini hampir mirip dengan empty love. tetapi untuk hubungan ini intimacy nya masih dimiliki pasangan. hanya ajtivitas seksualnya sudah mulai menurun
7. fatuos love : hubungan yang memiliki passion dan commitment tetapi
tidak memiliki intimacy. contoh dari hubungan ini adalah pasangan yang tertarik dengan penampilan fisik pasangan tetapi tidak mengenal pribadi pasangan secara mendalam. pasangan yang dijodohkan bisa dimasukan dalam tipe ini. mereka hanya menilai dari fisik tanpa mengenal kepribadian satu sama lain.
8. Consummate love : hubungan ini memiliki ketiga elemen tersebut yaitu intimacy, passion dan commitment. hubungan ini saling bergantung satu sama lain. mereka belajar untuk saling menyayangi dan memoertahankan hubungan serta mengenal kepribadian pasangan masing masing.

17 September 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar