Kamis, 19 September 2013

4 Karakteristik Penting yang Harus dimiliki Pasangan Menikah (Hertha Christabelle)

Menikah bukanlah suatu hal yang mudah karena seseorang yang sebelumnya bertanggung jawab atas dirinya sendiri bertambah kewajiban untuk bertanggung jawab atas orang lain.

Menurut penelitian (cross-cultural study) lebih dari 9000 orang dari 37 negara, antara pria dan wanita setuju terdapat 4 karakteristik paling penting yang harus dimiliki pasangan menikah.

1. Terdapat ketertarikan antara satu sama lain dan cinta Tinggal bersama dalam ikatan pernikahan bukanlah perkara mudah. Harus ada kemauan yang kuat dari keduanya, oleh karena itu harus ada ketertarikan antara satu sama lain dan cinta sebagai dasar kemauan tersebut. Sehingga saat tinggal bersama keduanya merasa bahagia. Memang tidak akan selalu bahagia, karena di dalam pernikahan pasti ada masalah. Namun dengan dasar yang kuat, pasangan akan berusaha mempertahankan pernikahannya dan permasalahan yang ada akan berusaha diselesaikan bersama.

2. Karakter yang dapat diandalkan Pernikahan berarti bekerja sama menjalani kehidupan. Pasangan harus memiliki karakter yang dapat diandalkan sehingga bisa mengatasi masalah yang ada bersama-sama. Dan di saat yang sulit dapat menjadi partner yang siap membantu.

3. Stabilitas emosional Hidup bersama berarti saling menghargai, menahan kepentingan pribadi dan tidak egois. Perlu emosi yang stabil dalam menjalani kehidupan bersama sehingga pernikahan akan lebih stabil dalam keharmonisan.

4. Penempatan diri yang baik Harus mengerti status dan peran yang sedang dijalankan, sehingga tahu akan kewajibannya masing-masing. Menghargai hak-hak suami dan istri. Hal ini menghindari terjadinya konflik dalam pernikahan.

Selain keempat karakteristik ini, disebutkan pula bahwa pendidikan dan tingkat intelegensi penting. Pendidikan dan inteligensi berhubungan dengan konflik dan penyelesaian konflik yang mungkin terjadi dalam suatu pernikahan. Bila seseorang dengan tingkat inteligensi dan pendidikan yang baik maka cenderung dia dapat menyelesaikan konflik dengan cara yang efektif dan berpikiran jauh ke masa depan.

15 September 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar