Jumat, 27 September 2013

Social History (Aristo Pratama)

Permasalahan yang dialami oleh klien bukan hanya dari segi faktor bawaan atau dari lahir, tetapi juga dari faktor lingkungannya. faktor lingkungan mampu merubah cara pandang dan perilaku seseorang dalam kehidupannya.
tetapi, semua tergantung dari masing-masing individu itu sendiri. misalnya, tidak semua orang yang tinggal di lingkungan yang notabene orang-orangnya pemarah, terus dia menjadi sosok yang pemarah. lalu jika dia tinggal di lingkungan yang pekerja komersial, bukan berarti dia juga seorang pekerja komersial. semua tergantung dari setiap individu itu sendiri.
manusia tidak terlepas dari lingkungannya, kecuali jika memang ingin menarik diri dari lingkungan itu sendiri (cukup mengerikan buat saya). permasalahan dari lingkungan tempat dia tinggal itu adalah salah satunya. lingkungan tidak semuanya berasal dari luar tempat seseorang itu tinggal. lainnya adalah jika memiliki permasalahan inti dari keluarga individu yang sudah menikah. khususnya jika individu itu sendiri tinggal di tempat tinggal keluarga darimpasangannya. belum lagi jika individu memiliki masalah dari keluarga besarnya itu sendiri. atau dari keluarga individu salah satu anggotanya memiliki gangguan psikologi. atau bisa saja individu itu sendiri memiliki tanggung jawab besar untuk keluarga intinya, keluarga individu itu sendiri dan keluarga dari pasangannya sebagai tulang punggung keluarganya. cukup rumit memang, tapi yang namanya masalah dalam keluarga, itu faktanya seperti kisah sinetron yang tak akan pernah habis walau sudah 900 episode, tetapi, alur ceritanya, tidak seaneh dan serumit sinetron yang acak adul (kenapa jadi sinetron bahasnya?).
masalah lainnya juga ada, seperti kecanduan obat terlarang yang membuat dirinya harus menambah masalah dan berurusan dengan pihak keadilan (entah polisi yang dibayar atau hakim yang memutar masalah).
masalah memang dimiliki oleh setiap manusia. tetapi tergantung dari setiap individu, bagaimana cara sehat berfikir untuk tidak terjerumus dari lingkungan sekitar anda untuk berubah. tetapindari sekian faktor yang memiliki gangguan psikologi, psikiater dan psikolog berperan penting untuk bisa memotivasi dirinya untuk mengarahkan dirinya kembali ke jalan yang benar (udah kayak uztad atau pastur aja). maksudnya, memberikan motivasi dan sisi positif ke individu untuk bisa berfikir secara rasional dan positif dalam kehidupannya sehari-hari. kalau untuk orang lain yang bisa membantu dia ke arah posiif? bisa saja, asal.........selama dia mengarahkan ke sisi yang POSITIF dan tidak berubah-ubah mengarahkan individu ke arah sesat dan jalan lurus. karena orang lain yang memberikan sisi positif, kalau dia juga ada masalah, bisa jadi mengarahkan ke arah yang ngaco nantinya. ada baiknya, arahkan ke arah yang profesional dalam menangani kasus dari individu yang memiliki masalah gangguan psikologi.

24 September 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar