Jumat, 27 September 2013

Pentingnya Social History (Abdiel Putra)

     Sebelum lebih lanjut bercerita tentang Social History, ada baiknya kita mengerti terlebih dahulu apa itu Social History (Riwayat Sosial). Riwayat sosial sendiri digunakan untuk kasus-kasus yang biasanya lebih kompleks, dimana memiliki tujuan untuk mendapatkan konten-konten atau masalah klien yang kompleks.
     Tujuan lainnya adalah agar kita mengetahui mengapa terkadang masalah klien terkadang semakin berkembang, yang dimana kita akan dapat mengetahui hal-hal tersebut dari riwayat hidup klien kita. Social History itu mencakup semua aspek, bukan hanya dari faktor lingkungan, faktor bawaan, dan lain-lain, namun semua aspek yang ada dalam klien, prinsip dasarnya adalah nature vs nurture. Tujuan kita mengetahui hal tersebut adalah agar kita juga mengetahui sebab-akibat masalah yang dihadapi klien.
    Jika berbicara tentang Social History ada banyak aspek yang mempengaruhinya. Misalnya saja tentang pengaruh keluarga, pengaruh keluarga merupakan aspek yang cukup besar untuk perkembangan anak, karena anak pertama kali mendapatkan didikan dari kelurga terlebih dahulu. Ketika kita menjadi interviewer kita bisa bertanya tempat dia lahir, dan di dalam keluarga seperti apa dia dilahirkan. mereka dibesarkan. Misalnya saja dalam keluarga terlalu banyak budaya yang berbeda, maka itu juga akan membuat klien tersebut bingung dan itu bisa jadi masalahnya.
     Dan masih banyak lagi sebenarnya aspek yang menyangkiut dengan Social History, misalnya riwayat pekerjaan, riwayat pendidikan, riwayat rumah sakit, riwayat kecelakaan, dan lain-lain. Kita juga jangakn lupa bertanya kepada klien kita mengenai status perkawinnya.
 
24 September 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar