Kamis, 19 September 2013

My Standard (Patricia Gloria)


     Pada perkuliahan mata kuliah Perilaku Sexual Kamis kemarin saya dengan rekan-rekan mahasiswa lainnya menonton sebuah film. Dalam film tersebut dibahas mengenai bagaimana seseorang tertarik dengan lawan jenisnya. Film dokumenter yang berdurasi kira-kira dua jam membuat saya mengerti betapa indahnya kehidupan saya. Film ini membahas mengenai ketertarikan sesorang mulai dari wajah hingga perilakunya. 
     Seseorang individu  yang tertarik dengan lawan jenis pertama kali yang  indvidu tersebut lihat adalah bagian wajah. Wajah yang menarik yang membuat ketertarikan seseorang pada lawan jenisnya. Wajah merupakan hal yang penting untuk memikat lawan jenis. Pada sebuah penelitian dilakukan kepada seorang subjek pria dan wanita dengan memfoto wajahnya. Kemudian dibuat wajah yang simetris pada kedua subjek dengan sebuah progam dalam komputer dan wajah asli. Setelah itu foto dicetak dan ditempelkan pada mading dan partisipan yang lain diminta untuk melihat. 
     Partisipan yang lain diminta untuk menunjukan ketertarikan mereka pada wajah tersebut apakah wajah yang simetris atau wajah yang kurang simetris. Partisipan pria meliahat foto subjek wanita, sedangkan partisipan wanita melihat foto subjek pria. Hasilnya adalah kedua partisipian memilih wajah yang simetris, ini pertanda bahwa wajah yang simetris adalah salah satu yang membuat seseorang tertarik pada lawan jenisnya.
     Hal yang kedua yang membuat seseorang tertarik dengan lawan jenisnya adalah tubuhnya. Penampilan fisik yang baik yang akan membuat ketertarikan seseoarng pada lawan jenis. Tubuh yang ideal pada wanita seperti buah dada yang besar, lekukan pinggang yang menarik, badan yang proposional dan tinggi badan yang cukup. bentuk tubuh pria yang ideal meliputi otot yang besar, tinggi badan yang proposional. Kedua hal tersebut yang membuat seseorang tertarik pada lawan jenis. Berikut gambar-gambar yang saya ambil dari google yang mengambarkan tubuh yang ideal. 
      Gambaran tersebut yang membuat seseorang tertarik pada lawan jenis. Ketiga merupakan penampilan seseorang seperti cara jalan. Pada pria cara jalan mereka pada umumnya adalah tegap, sengankan wanita adalah pinggul yang bergoyang, merupakan hal yang juga dilihat pada seseorang untuk mencari pasangan yang terbaik. Bagaimana cara jalan seseorang individu menjunkukan dirinya secara fisik. Ada penelitian dimana subjek diminta untuk berjalan diatas jogging belt, yang melihat perbedaan jalan pria normal dan wanita normal. 
     Penelitian selanjutnya adalah dipasangkan 10 pria dengan 10 wanita secara random.  Keduanya memakai bahan baju yang sama dan diatas kepala ditempelkan sebuah nomer. Kemudian, mereka diminta untuk memilih pasangan yang menarik bagi mereka yang tidak sesuai dengan nomer mereka. Setelah mereka menemukannya, mereka diminta untuk melepas penutup kepala mereka dan mereka mencari orang yang menurut mereka menarik. Pada akhirnya mereka mendapatkan pasangan dengan nomer yang sama. 
     Hal yang keempat yang juga menjadi pusat perhatian pencarian pasangan adalah penampilan seseorang atau kendaraan yang dimiliki. Para wanita biasanya mencari pria yang memiliki materi.
Penelitian yang dilakukan adalah pada beberapa pria yang difoto dan pada foto tersebut dituliskan pendapatan yang mereka dapatkan. Mulai dari pria yang dilabel jelek tetapi memiliki pendapatan yang banyak hingga pria yang dilabel baik tetapi memiliki pendapatan yang kurang. Hasil penelitian dilihat bahwa wanita lebih tertarik pada pria yang memiliki pendapatan yang banyak. 
     Hal yang juga menjadi pusat perhatian seseorang tertarik pada lawan jenis atau pasangannya adalah suara. Sebuah penelitian meneliti 10 pria dan 10 wanita dengan suara mereka. Mereka diminta untuk berbicara sebuah kalimat. Diteliti pada wanita yang pada saat masa subur dan pada masa tidak subur. Wanita pada saat suburlah yang diminati oleh pria karena tingkat dari suara mereka yang enak didengar oleh pria. Begitu pula dengan pria, pria yang memilki hormon tetstosteron yang baik memilki suara yang rendah juga yang diminati oleh wanita. 
     Selain itu bau badan juga mempengaruhi ketertarikan seseorang pada lawan jenisnya. Dalam sebuah penelitian ada beberapa pria yang diminta untuk berlari diatas running belt sehingga mengeluarkan keringat. Kemudian beberapa wanita diminta untuk mencium baju yang  telah pria tersebut pakai, pada masa subur wanita dan masa tidak subur wanita. Hasil penelitian bahwa wanita subur lebih tertarik pada bau badan pria yang menurut mereka bau badan yang perfect.

     Pada akhirnya ketertarikan secara fisik yang membuat seseorang memilih pasangan mereka sesuai dengan standardisasi mereka. Mulai dari bentuk wajah, bentuk tubuh, penamilan secara materi, bau badan, suara yang menentukan seseorang untuk tertarik dan memilih pasangan hidup.  Tidak hanya itu seseorang tertarik pada lawan jenis dan menjadiakan sebagai pasagan hidup perilaku tentunya juga dinilai oleh seseorang individu. Bagaimana mereka berperilaku satu dengan yang lainnya. 

15 September 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar