Jumat, 27 September 2013

Sexual harrasment (Refacha Violany)

Saya punya cerita mengenai pelecehan seksual yang dialami salah satu teman perempuan saya. Cerita ini terjadi sekitar beberapa bulan yang lalu.

Saat itu teman saya pulang dari kampus sekitar pukul 7 malam dengan menggunakan busway. Saat itu, keadaan busway sangat penuh dan sesak. Sehingga teman saya terpaksa berdiri dan berhimpitan dengan banyak orang lainnya. Saat teman saya berdiri didalam busway, seorang laki-laki berparas seram berdiri disampingnya dan karena keadaan busway yang penuh sehingga lelaki itu menghimpit badan teman saya. Tapi yang mengerikan adalah, bukannya lelaki itu mencoba menjaga jarak dengan teman saya tetapi dia malah dengan sengaja menghimpit badannya yang besar ke depan badan teman saya.  Sehingga dada teman saya berhimpitan dengan dada lelaki asing itu. Kejadian itu berlangsung cukup lama. Saat itu teman saya ketakutan, dan posisinya, banyak orang di dalam busway tersebut melihat pemandangan yang janggal itu. Ironisnya, tidak ada orang yang berani menegur lelaki tersebut atau menolong teman saya sama sekali. Semenjak kejadian itu, teman saya mengalami trauma naik busway selama beberapa bulan.

Hal ini sungguh membuat saya terkejut saat mendengar ceritanya. Kejadian yang teman saya alami, termasuk pelecehan seksual terhadap perempuan. Ironisnya, mengapa orang-orang disekitar tidak menolong dan hanya mengamati saja? Sebagai perempuan, hal ini patut dijadikan pelajaran bagi perempuan lainnya. Kondisi seperti ini bisa saja dialami oleh perempuan manapun. 

Saya mempunyai beberapa saran yang dapat menghindari kita dari kejadian-kejadian seperti ini.

Pertama, untuk para perempuan, usahakan tidak pulang malam sendirian dengan menggunakan kendaraan umum. Banyak sekali orang asing diluar sana yang memanfaatkan waktu malam untuk menyalurkan nafsu mereka pada wanita yang keluar malam sendirian.

Kedua, pakailah busana yang tidak terbuka atau tidak memperlihatkan bagian-bagian tubuh yang sekiranya dapat membuat laki-laki terangsang. 

Ketiga, sebisa mungkin saat sedang berpergian malam hari minta temani orang terdekat. Hal ini dapat menghindari kesempatan para pelaku untuk melakukan kegiatan pelecahan seksual.

Dan yang terakhir, adalah selalu waspada. Jika mengalami suatu hal yang janggal, segera berteriaklah atau melakukan perlawanan diri sebisa mungkin. 

Keep aware girls! 

 21 September 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar