Jumat, 27 September 2013

Bagaimana Cara "Kita" Kaum Hawa Menangani Pelecehan Seksual??? (Monica Teny)

Pelecehan seksual adalah suatu bentuk perilaku pendekatan-pendekatan yang terkait dengan seksual yang tidak diinginkan, termasuk permintaan untuk melakukan hubungan intim, dan perilaku lainnya yang secara verbal ataupun fisik merujuk pada hubungan intim (“Pelecehan Seksual”, 2013).

Banyak yang mengira dan menganggap bentuk pelecehan seksual adalah pemerkosaan atau dipegang bagian pribadinya. Padahal bentuk pelecehan seksual bisa berupa Sexist Words, suatu bentuk penggambaran kata secara langsung kepada kita (khususnya wanita) seperti memanggil wanita dengan sebutan “doll”, “babe”, atau “honey”, menyatakan bahwa “wanita lebih banyak menangis dan lebih lemah dari laki-laki”, dll. Sexist Behavior, pelaku pelecehan seksual juga mendapat kontribusi dari lingkungan yang memungkinkan pelecehan seksual terjadi, seperti melihat ke atas atau ke bawah pada saat menggunakan escalator, menatap bagian tertentu dari seseorang, dll. Sexual Advances, suatu bentuk pelecehan seksual dalam rupa rayuan seksual fisik dan verbal yang terjadi pada seseorang atau kelompok, seperti menganti dikusi menjadi topik yang berbau seksual, menceritahukan atau memberitahukan lelucon dan cerita seksual, dll.
Lalu, bagaimana cara kita untuk mengantisipasinya? Apa yang harus kita perbuat?

Kita terutama kaum hawa, dapat mengantisipasi perbuatan pelecehan seksual dengan adjust the mentality dimana seorang korban harus dapat menyesuaikan perasaan dan mentalnya dengan tidak menyalahkan diri sendiri, menjadi masuk akal bagaimana orang lain akan berinteraksi. Take appropriate actions di mana korban pelecehan seksual juga dapat mengambil beberapa tindakan seperti mencari cara untuk berkata atau memberitahukannya, mendokumentasikan setiap kejadian secara rinci dan menyimpan semua bukti, melaporan kepada kepolisian atau organisasi sosial, mengatasi masalah melalui penenangan diri.
JADI BERANILAH “KITA” KAUM HAWA UNTUK MENGATAKAN “TIDAK” DENGAN JELAS DAN KUAT TERHADAP ANCAMAN ATAU PERBUATAN YANG MELECEHKAN!!!
23 September 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar