Minggu, 22 September 2013

Homo/Hetero/Biseks? What's wrong? (Handayani)

Orientasi seksual adalah jenis kelamin yang membuat orang lain tertarik secara emosional, fisik, seksual, dan juga romantis. Macam-macam orientasi seksual, yaitu: heteroseksual, homoseksual, biseksual, transgender, dan questioned.

Heteroseksual ini yang normal-normal saja menurut pandangan umum. Contoh: Sering lihat sepasang kekasih, lelaki dan perempuan memadu kasih dalam bahtera cinta di bioskop atau mall? Itulah yang disebut heteroseksual. Homoseksual, suka sesama jenis. Homoseksual dibagi menjadi 2, gay dan lesbian. Gay, pria+pria=cinta. Lesbian, wanita+wanita=cinta. Banyak orang salah mempersepsikan bahwa homo=gay. Sedangkan Biseksual adalah seseorang yang suka dengan lelaki dan juga perempuan. 
 
Pertanyaannya: Mengapa orientasi seksual mereka berbeda dengan orang pada umumnya? Jawabannya adalah karena ada perbedaan pada faktor biologis, perkembangan, behavioral, sosiologi, dan interaksi.

Dan mengapa homoseksual dan biseksual begitu tabu di kalangan masyarakat Indonesia ? Tahukah anda bahwa dengan menganggap atau memandang mereka sebelah mata, anda telah menimbulkan stigma tertentu terhadap mereka? Efek dari stigma yang ada, dapat membuat seorang homoseksual dan biseksual berpikir untuk bunuh diri, tidak punya tempat tinggal (tunawisma) karena mungkin orangtuanya yang tidak bisa menerima kenyataan atau para tetangga yang risih dengan orientasi seksual mereka yang berbeda.

Selain itu, karena stres dengan stigma yang muncul, penggunaan zat alkohol pun meningkat. Adanya pelecehan seksual, psikopatologi yang lebih besar dibandingkan dengan heteroseksual, dan tentunya diskriminasi di tempat kerja. Contoh: Eh, jangan deket-deket dia lu, dia kan biseksual. Lu mau dijadiin pacarnya? Gue sih jijik banget deh.

So, please, kita semua adalah manusia yang sama, ya yang tentunya memiliki perasaan. Even seseorang disorientasi seksual, entah homoseksual, biseksual atau yang lainnnya, belajarlah dan cobalah untuk memanusiakan manusia. Anda ingin dimengerti? Mengertilah orang lain. Anda ingin dihargai ? Hargailah orang lain, bukan dengan uang tentunya, tapi dengan tenggang rasa satu dengan yang lainnya. Semoga bermanfaat. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar