Jumat, 27 September 2013

Salah Memilih Hadiah, Berdampak Pelecehan (Venty Nathalia)

     Bingung ingin memberi hadiah apa untuk orang terdekat atau bahkan sahabat kita? Memberikan seseorang hadiah, tentu saja akan menimbulkan rasa senang bagi si penerimanya. Tapi, jangan salah. Ada lho hadiah yang kita berikan ternyata dianggap sebagai pelecehan bagi si penerimanya meskipun kita tidak bermaksud untuk itu. Salah dalam memilih hadiah, dapat memberi kesan yang tidak baik sepanjang hidup si penerima. Nah, hadiah apa ya? Salah satunya adalah memberikan hadiah pakaian dalam. Wow! Terdengar cukup ekstrim ya, tetapi di beberapa kalangan, hal tersebut lumrah terjadi. Mungkin sebagian dari kita juga bertanya-tanya, mengapa hadiah tersebut bisa dianggap sebagai sebuah pelecehan?
     Ada yang berpendapat bahwa kita sebagai pemberi bebas memilih hadiah apa saja karena yang terpenting sudah memberi, atau bahkan memberikan hadiah tersebut sebagai ajang lucu-lucuan. Terlepas dari itu semua, kita sebagai pihak pemberi yang bijak juga harus mempertimbangkan dampak positif dan negatif dari hadiah yang akan diberikan. Jangan sampai lho, karena nila setitik rusak susu sebelanga. Karena salah dalam memilih hadiah, kita malah dijauhkan secara tidak langsung oleh sahabat kita sendiri. Tidak ada yang salah sebenarnya dalam memberikan hadiah pakaian dalam kepada orang lain. Namun, yang menjadi masalahnya adalah si penerimanya menganggap itu sebagai hal yang positif atau negatif. Persepsi setiap orang itu berbeda dan tidak dapat disamakan. Bisa saja si penerima mungkin menganggap hal tersebut memang lucu atau bahkan yang lebih ekstrim adalah menganggap itu benar-benar sebuah pelecehan.
     Apabila seseorang sudah merasa dilecehkan, akan berdampak buruk pada berbagai aspek baik bagi dirinya sendiri. Ada sebab, ada akibat. Singkatnya, seseorang yang telah menganggap dirinya dilecehkan akan merasa harga dirinya rendah, kemudian lama kelamaan ada kemungkinan akan menarik dirinya dari lingkungan. Setelah menarik diri dari lingkungan, orang tersebut otomatis akan merasa dirinya tidak dipedulikan lagi dan pada akhirnya bisa berdampak pada bunuh diri. Seram ya? Tentu saja. Sebuah fakta yang tidak dapat dipungkiri lagi bahwa beberapa kasus bunuh diri di sekitar kita karena pernah merasa dilecehakan sebelumnya.
      Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembacanya. Hati-hati dalam memilih hadiah untuk orang lain adalah salah satu kiat sukses dalam membina hubungan dengan seseorang. Hadiah yang berkesan itu banyak, tetapi alangkah lebih baik jika kita memberikan sebuah hadiah yang bermakna positif bagi si pemberi dan si penerimanya.

22 September 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar