Sebenarnya sebelum saya mempelajari tentang bagian yang ini, kami sempat
diminta untuk duduk berpasang-pasangan dengan teman, sebenarnya saya bingung
kami disuruh seperti itu untuk apa namun saya tetap melakukannya.
Pada saat itu kami disuruh untuk role
play. Dimana yang satu membicarakan sesuatu hal, namun teman bicaranya
disuruh untuk tidak mendengarkan teman bicara, dan pada saat teman saya bicara,
saya malah tidur dan tidak mendengarkannya, dan setelah itu saya dan teman saya
bertukar posisi, dimana teman saya cuekin saya ketika saya bicara, sangat tidak
enak rasanya ketika bicara dengan orang, namun orang tersebut tidak
mendengarkan kita.
Keterampilan
Dasar Wawancara
Membina
Rapport. Membina
rapport itu sangat penting dalam melakukan wawancara dimana interviewer
berupaya untuk menciptakan hubungan yang hangat dan nyaman, agar klien bisa
berbicara dengan bebas dan bisa jujur ketika menceritakan tentang masalahnya,
kita tidak mungkin bisa menggali informasi lebih dalam dari klien kita, apabila
dia tidak nyaman sama kita, contohnya saja kita kan tidak mungkin bisa langsung
bercerita panjang lebar terhadap orang yang kita tidak kenal dengan baik,
atupun kita juga tidak nyaman terhadap orang tersebut.
Empati.
Dimana i-ter berusaha
memahami dan mengerti perasaan klien, dimana i-ter bisa memahami dan bisa
menerima tanpa adanya melakukan penilaian, i-ter juga harus harus fokus.
Attending
Behavior. Kuncinya
adalah i-ter mengurangi kuantitas bicara dan kita harus memberikan klien waktu
untuk menceritakan tentang diri mereka, kita bisa bayangkan jika kita sebagai
i-ter yang terus bicara, bagaimana kita mengetahui masalah klien kita. Ada 4
hal yang kita bahas dalam attending behavior:
1.
Visual
: kita harus menatap klien kita dan jangan alihkan pandangan kita.
2.
Vocal
Qualities : Nada & kecepatan bicara kita harus bisa diatur.
3.
Verbal
Tracking : Jangan mengubah tujuan dari pembicaraan.
4.
Body
Language : attentive and authentic
Question
Technique. Ada open question
dan ada juga closed question. Open question memiliki sifat tidak mengarahkan
dan memberikan kebebasan terhadap klien untuk mengekspresikan ceritanya,
sedangkan closed question sifatnya lebih mengarahkan dimana pertanyaan merujuk
pada jawaban tertentu.
Observation
Skill. Berfokus pada
3 area, yaitu: perilaku non verbal, perilaku verbal, konflik.
Active
Listening.
16 September 2013
Tidak ada komentar:
Posting Komentar