Minggu, 25 November 2012

Women's Beauty (Sylvia Kristiani)


Perempuan merupakan makhluk yang memiliki keindahan. Keindahan yang dimiliki oleh perempuan “dimanfaatkan” oleh para pembuat iklan agar iklan mereka menjadi lebih menarik sehingga masyarakat tertarik untuk melihatnya dan membeli produk tersebut. Hampir semua iklan terdapat peran perempuan. Bahkan, produk yang dibuat untuk laki-laki pun menggunakan perempuan sebagai modelnya.

Adanya perempuan dalam iklan memiliki dampak positif, tetapi terdapat pula dampak negatifnya. Misalnya, iklan susu pelangsing dapat membuat perempuan berpikiran positif dan negatif. Dampak positif tersebut adalah perempuan termotiivasi untuk terus berkarya dan memiliki hidup yang sehat, tetapi dampak negatifnya adalah perempuan mungkin akan merasa bahwa tubuhnya tidak ideal dan menginginkan tubuh ideal karena pandangan masyarakat yang lebih menyukai perempuan dengan tubuh yang ideal. Hal tersebut menyebabkan perempuan dapat memiliki body image yang buruk terhadap dirinya.

Dalam iklan juga semakin digambarkan stereotype mengenai laki-laki dan perempuan, seperti laki-laki yang bekerja mencari nafkah, sedangkan perempuan berada di rumah dan mengurusi masalah rumah tangga serta merawat anak. Pada akhirnya, apa yang akan diserap oleh orang yang menonton iklan, tergantung pada orang tersebut karena kita tidak dapat membatasi pikiran dan pandangan seseorang saat melihat iklan.

24 November 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar