Rabu, 07 November 2012

Kanker Serviks & Lupus (Aurelia Felicia)


  Siapa sih perempuan yang mau sakit? Pasti tidak ada yang mau apalagi sampai berhubungan dengan hal-hal yang hanya dimiliki perempuan. Kanker serviks adalah salah satu penyakit yang cukup banyak diderita wanita yang sudah menikah atau mempunyai anak. Nama keren dari kanker ini adalah Carsinoma Servix. Penyakit ini tergolong susah diperiksa dan jika sudah menyebar akan semakin parah.

   Kanker ini disebabkan oleh Human Papiloma Virus (HPV), tetapi virus ini tidak langsung bertumbuh cepat karena membutuhkan waktu sekitar 10 sampai 20 tahun. Ada pula penyebab lain, yaitu usia (sudah menopause) dan jumlah anak, kebersihan yang krang terjaga (khususnya daerah intim), pemakaian pembalut yang mengandung dioksin, dan daya tahan tubuh yang lemah. Kanker ini dapat ditularkan lewat hubungan seksual dan sentuhan.

   Mau tahu ciri-ciri dan tandanya?
   Sakit saat melakukan hubungan seksual, mengeluarkan darah setelahnya, mengeluarkan darah berlebihan saat menstruasi, kebocoran air seni, dan keputihan yang tidak normal. Keputihan berbau tak sedap, terasa gatal, berwarna kuning atau hijau, dan bisa hampir setiap hari.
   Coba kalian cek dan mulai menjaga diri! Kalian bisa mencegah dengan menjaga daya tahan tubuh, menjaga kebersihan, menghindari rokok dan seks bebas, rutin check up, dan vaksinasi.

   Selain kanker serviks, ada pula penyakit Lupus yang lebih banyak diderita oleh perempuan. Perempuan usia 15 sampai 20 tahun lebih rentan terserang. Mengapa ya bisa begitu? Penyebabnya pastinya saja masih dianggap misterius. Akan tetapi, penyakit ini tidak menular dan bukan karena virus. Lupus dikatakan disebabkan antibodi yang berlebihan padahal seharusnya antibodi untuk melindungi. Individu yang terserang biasanya akan sariawan berkepanjangan, lemah, stres, demam, pegal-pegal, rambut seering rontok, merah di pipi, dan lain-lain. Lebih baik penderita tidak terkena sinar matahari langsung, jangan kecapaian dan kerja berlebihan, jangan kecanduan obat, serta hindari stres!

~ Pencegahan lebih baik cepat dilakukan sebelum terlambat! :D

2 November 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar