Kamis, 08 November 2012

feel bless (Sifellina Tan)


     Kuliner? wah.. menurut saya semua orang di dunia ini pasti menyukai kata makanan dan kuliner, tetapi sebagian besar orang-orang di dunia ini mencoba menolak dan bertahan untuk tidak menikmati makanan-makanan yang selalu tersedia dihadapan mereka terutama pada wanita. para wanita berusaha melakukan segala cara untuk mempertahankan postur tubuh atau bentuk badan mereka sampai postur tubuh yang menurut mereka itu ideal. banyak sekali cara-cara yang mereka lakukan, terkadang kita menggunakan cara yang hanya kita dengar atau ketahui dari orang-orang sekitar yang melakukan pola diet yang salah. kandang kita juga melakukan diet yang berlebihan tanpa memikirkan efek negatif yang terjadi kepada kita.
cara diet apa saja sih yang biasa orang lakukan? pernah dengar orang-orang yang dietnya berhasil hanya dengan cara hanya makan sekali dalam sehari?? ya itu cara yang sangat banyak orang bicarakan atau terkadang hanya disarankan hanya memakan buah saja tanpa harus mengkonsumsi nasi, ada juga yang melakukan olahraga ekstra yang sampai melewati batas. tetapi efek apa yang terjadi kepada mereka? efek yang terjadi adalah menimbulkan penyakit, lambung terluka, dan yang paling tidak pernah kita bayangkan adalah kanker lambung.
kita tidak pernah berpikir dan menyadari apa yang kita lakukan untuk mendapatkan bentuk badan yang ideal tersebut sampai kadang-kadang tanpa sadar kita mengalami eating disorder atau gangguan makan.
gangguan makan ini ada 3 bagian, yang pertama pernahkah anda mendengar kata anoreksia?? ya itu gangguan makan yang berupa ditandai dengan penolakan makan yang mengakibatkan berat badan berkurang sampai ketingkat yang membahayakan. Penderita anoreksia biasanya bangga dengan diet atau kontrol keras yang dilakukannya. dulu saya merupakan salah satu orang yang mengalami gangguan makan anoreksia ini, saya selalu merasa saya gendut padahal berat badan saya sidah 42 kg. semua teman saya mengatakan saya anoreksia. saya selalu menolak memakan nasi putih, makanan berminyak sampai saya pernah mencoba memakan obat penahan nafsu makan. saya salah satu orang memiliki hobby kuliner tetapi disaat saya sedang dijakarta saya akan melakukan diet ketat sampai hari dimana saya harus pergi berlibur, karena pada saat berlibur saya tidak akan melakukan diet dan menurut pendapat saya disaat sebelum berlibur menurunkan berat badan maka pada saat berlibur apabila berat badan naik maka tidak berat badan saya tidak akan naik dari 43 kg. sampai suatu hari saya mengalami gangguan mens yaitu 3 bulan sekali saya baru mengalami mens dan itu sangat menakutkan bagi saya. mama saya langsung membawa saya ke dokter dan kata pertama yang keluar dari dokter tersebut adalah kamu tidak boleh diet dan stress lagi karena itu yang memacu mens anda tidak lancar. yang kedua, lambung menjadi luka. dari hari itu saya tidak mendengarkan lagi cara-cara orang diet, tetapi sekarang saya melakukan makanan yang sehat, olahraga yang secukupnya. itu sangat membantu saya saat ini.
yang kedua adalah bulimia, memuntahkan kembali makanan yang sudah ia makan. kasus ini terjadi pada orang terdekat saya sendiri, dia selalu memuntahkan kembali makanan yang ia makan karena takut naik berat badannya. dia selalau mengukur pergelangan tangannya setelah dia menyelesaikan makanan tersebut, dan saat ini dia sudah tidak mengalami gangguan tersebut lagi dikarenakan dukungan dari lingkungan sekitar yang selalu mengatakan dia terlalu kurus karena berat badan dia hanya mencapai 38 kg. salah satu teman saya meninggal dikarenakan bulimia, karena sering dikorek atau dipaksa mengeluarkan kembali makan-makanan tersebut sehingga menyebabkan saluran tenggorokan luka dan infeksi parah sehingga menyebabkan kematian.
yang ketiga adalah binge, gangguan makan berlebih atau kelebihan berat badan (obesitas). Penderita binge biasanya tidak mengontrol makannya, porsi makananannya melebihi orang normal lainnya, waktu makan binge lebih cepat dibanding waktu makan orang normal, disaat mengalami depresi atau bosan sering memakan makanan yang banyak dan kadang makan dalam jumlah banyak dalam keadaan tidak lapar.  biasanya orang tersebut curi-curi makan atau makan dalam keadaan mengendap-ngendap dan dilakukan dengan cepat.
sekarang saya merasa sangat bersyukur dengan bentuk tubuh saya sekarang karena saya belajar dari kesalahan sebelumnya menahan hobby saya. jangan lakukan diet lagi, tapi olahraga lah karena sangat berguna untuk membantu bentuk badan anda dan kesehatan juga. kesenangan mencoba makanan baru itu merupakan hal yang paling menyenangkan, eitsss.. hobby kuliner belum pasti gemuk loh.. kita bisa mencoba makanan baru tersebut dengan berbagi dengan teman-teman misalnya satu piring berdua atau ber3.. banyak sekali orang-orang yang membutuhkan makan tetapi kita malah menolak rejeki makanan tersebut. kenapa kita tidak mensyukuri apa yang telah tuhan berikan kepada kita?? syukurin apa yang sudah dikasih oleh tuhan kepada kita, karena tuhan menciptakan kita semua dengan indah. :)

4 November 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar