Senin, 19 November 2012

Periklanan dan Perempuan (Elvandari Armen)


     Menonton acara di televisi mungkin menjadi hobi bagi orang-orang yang hanya menghabiskan waktu liburan di rumah. Begitu banyak acara yang ditawarkan oleh stasiun televisi, mulai dari berita, acara kuis, acara gosip, dan banyak lagi acara hiburan yang lainnya. Ketika acara yang ditonton berlangsung, tentunya ada iklan-iklan yang menyelinginya. Iklan yang menawarkan produk maupun jasa pada masyarakat luas. Sebenarnya, apa sih gunanya iklan?
     Iklan merupakan salah satu cara perusahaan industri untuk memperkenalkan atau mempromosikan barang atau jasa tertentu. Tentunya harapan perusahan tersebut adalah menarik minat konsumen untuk mencoba dan membeli produk mereka. Harapan lebih lanjutnya adalah para konsumen terus membeli produk yang diiklankan, sehingga mereka mendapatkan laba yang semakin besar.
     Dunia periklanan sering mengaitkan iklan yang mereka buat dengan perempuan, mulai dari model iklannya ataupun produk-produk yang ditawarkan. Misalnya, produk kecantikan seperti bedak, sabun wajah ataupun badan, lotion ataupun susu yang dapat membantu mengontrol berat badan.  Oleh karena itu, perempuan sering dijadikan target pasar penjualan produk karena perempuan pada umumnya sangat mementingkan penampilan atau body image.
     Faktor kedua mengapa perempuan sering dikaitkan dengan iklan, yaitu karena perempuan dianggap mampu menguatkan pesan iklan. Wanita dalam iklan dapat menambah daya tarik masyarakat untuk melihat atau bahkan menikmati iklan. Berdasarkan hasil penelitian, perempuan dan laki-laki lebih menyukai untuk melihat wajah cantik daripada wajah laki-laki.
     Wahhh, menarik, yahh.. Apakah memang begitu, readers? :)

17 November 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar