Minggu, 11 November 2012

MENCEGAH LEBIH BAIK DARIPADA MENGOBATI (Kusbandiyah Chandrawati)


Siapa yang setuju dengan peribahasa bahwa Sehat Pangkal Bahagia?

Pastinya sebagian besar dari kita akan mengatakan setuju atau bahkan sangat setuju dengan hal tersebut. Tapi pernahkah kita sendiri berpikir apakah kita telah benar-benar peduli akan kesehatan?
Banyak orang yang mengatakan ingin hidupnya selalu sehat, bahkan mungkin di saat hari ulang tahun mereka, mereka berdoa untuk kesehatan mereka.

Tapi apakah hanya dengan berdoa maka hidup kita akan benar-benar sehat tanpa usaha dari diri kita sendiri? Tentunya tidak bukan? Doa mungkin saja diperlukan untuk menyeimbangkan hidup kita antara jasmani dan rohani. Namun, hanya dengan berdoa tentunya hidup kita tidak lantas menjadi sehat.

Pernahkah kita sadari bahwa sesungguhnya, banyak hal umum yang kita lakukan setiap hari dan  ternyata secara perlahan-lahan telah membunuh diri kita sendiri? Mungkin banyak orang yang tidak menyadari bahwa makan makanan yang tidak sehat, kurang gizi, merokok dan terlalu banyak mengkonsumsi kafein dapat membunuh kita secara perlahan. Banyak juga orang yang menyukai makanan instant seperti mie, hanya dengan alasan tidak memerlukan waktu lama untuk menyiapkannya. Namun sesungguhnya menyantap makanan instant itu tidaklah sehat.

Menyantap makanan yang instant juga dapat menyebabkan aktifnya sel kanker. Tahukah kalian bahwa sesungguhnya di dalam tubuh setiap manusia itu memiliki sel kanker? Sel kanker itu ada dalam tubuh setiap orang, namun jika kesehatan kita terjaga maka sel-sel tersebut tidak akan aktif dan menyerang tubuh kita. Saat tubuh kehilangan atau menurunnya sel imun, maka sel kanker akan berkembang biak dan kemudian menyebar dalam tubuh.

Hal-hal yang biasa dianggap kecil oleh orang ternyata dapat menyebabkan masalah besar di kemudian hari. Bagi wanita, umumnya penampilan merupakan hal yang cukup penting dalam hidup. Tapi bayangkan apa yang akan terjadi jika suatu saat seorang wanita mengalami kanker payudara di mana mereka harus mengikhlaskan bagian tubuh yang dianggap penting bagi wanita untuk kemudian diambil darinya. Payudara merupakan salah satu bagian tubuh yang paling penting dan bahkan tidak sedikit dari wanita yang membanggakan penampilannya dari payudaranya.

Saat seorang wanita mengidap kanker payudara dan telah lambat terdeteksi, mau atau tidak, mereka harus merelakan payudaranya diangkat demi mempertahankan hidup. Tentunya hal tersebut akan menjadi pukulan terbesar dalam hidupnya. Jika mungkin wanita tersebut sudah lanjut usia, mungkin saja hal tersebut tidak menjadi masalah yang besar, namun bagaimana jika yang mengalaminya masih muda dan masih sangat peduli akan penampilannya? Tentu akan menjadi masalah yang sangat besar.

Banyak wanita yang setelah menjalani operasi pengangkatan payudara menjadi tidak percaya diri, merasa berbeda dari wanita lain, bahkan ada yang menjadi depresi karena tidak memiliki payudara seperti wanita normal. Banyak juga dari mereka yang kemudian memutuskan untuk operasi pembuatan payudara palsu demi mengembalikan penampilan mereka. Operasi tersebut mungkin saja tidak berbahaya jika dilakukan oleh para ahli, namun betapa mengerikannya jika anda membayangkan di mana dokter mengambil sebagian daging dari perut anda dan kemudian memasangkannya di bagian payudara anda demi membentuk payudara buatan. Betapa besarnya perjuangan mereka demi mengembalikan bentuk tubuh mereka.

Operasi pembuatan payudara palsu tentunya akan menghabiskan biaya yang sangat besar dan tentunya perjuangan yang sangat besar juga dari mereka. Oleh sebab itu, alangkah lebih baik jika kita menjaga kesehatan tubuh kita sedini mungkin. Tentunya menjaga kesehatan dalam tubuh tidak akan membuat kita rugi. Ibaratnya sedia payung sebelum hujan. Jagalah kesehatan kita sebelum menyesal di kemudian hari. Apalah artinya waktu yang kita gunakan sedikit lebih lama untuk memasak makanan sehat dengan hanya membuat mie instant, daripada waktu yang jauh lebih lama lagi yang akan anda habiskan di kemudian hari saat anda terbaring di rumah sakit. Merokok katanya dapat menghilangkan stres, namun bagaimana dengan stres yang nanti akan anda alami jika penyakit telah menyerang tubuh anda? Banyak juga orang yang mengkonsumsi kopi terlalu banyak dengan alasan agar bisa bekerja lebih lama untuk mendapatkan uang  lebih. Tapi bagaimana dengan biaya yang akan anda keluarkan jika anda telah mengidap kanker nantinya?

Segala sesuatu tentu harus dipikirkan terlebih dahulu sebelum anda melakukannya. Pikirkanlah dampak yang akan terjadi di kemudian hari. Jangan hanya berpikir untuk saat ini saja. Mencegah akan selalu lebih baik daripada mengobati.

10 November 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar