Minggu, 11 November 2012

Pentingnya Menjaga Kesehatan Payudara (Dinda Dwi Jayanti)


 Pada zaman sekarang, sudah sangat beragam penyakit mematikan yang bermunculan terutama pada wanita. Salah satu penyakit mematikan tersebut adalah kanker payudara. Kanker payudara dapat disebabkan dari riwayat keluarga, terlalu sering memakan makanan fast food, merokok dan minuman alkohol, dan lain-lain.  Sekarang ini sudah banyak sekali berbagai macam fast food dan seringkali orang-orang tidak banyak mengetahui dampak dari mengkonsumsi fast food dalam jangka panjang.
     Sebagai perempuan, kita dapat melakukan cara-cara sederhana untuk mengetahui apakah terkena kanker payudara atau tidak. Cara-cara yang dapat kita lakukan tersebut adalah ketika mandi, angkat salah satu tangan keatas, tangan satunya lagi memegang salah satu payudara. Pegang dengan cara memutar searah jarum jam dan lakukan bergantian. Jika disaat melakukan hal tersebut terasa seperti ada benjola, kemungkinan itu adalah kanker payudara. Tetapi, saat menstruasi jika terdapat benjolan merupakan hal yang masih lumrah dan bukan pertanda adanya kanker pada payudara. Cara lainnya adalah dengan memencet payudara, jika keluar cairan berwarna kuning atau darah pada puting susu, maka kemungkinan terdapat kanker pada payudara. Jika hal tersebut terjadi, sangat disarankan untuk segera periksa ke dokter.
     Kebanyakan orang mengetahui bahwa kanker payudara hanya dapat terjadi pada wanita saja. Padahal tanggapan itu salah, karena laki-laki juga dapat berpotensi mengalami kanker payudara, walaupun rasionnya sangat kecil. Kita dapat mengetahui tanda-tanda adanya kanker dalam payudara jika terdapat benjolan dan payudara mengalami perubahan bentuk, puting susu masuk kedalam, hilang ataupun putus, dan kulit payudara seperti terbakar. Untuk itu sangat penting bagi wanita untuk selalu mengecek kesehatan organ tubuhnya.
     Saya memiliki saudara perempuan yang juga mengalami kanker payudara. Salah satu payudaranya dipotong. Sehingga, ia hanya memiliki satu payudara saja. Saudara perempuan saya tersebut mengalami kebotakan pada rambutnya. Tetapi, tidak semua orang mengetahui bahwa ia botak karena ia dalam sehari-harinya mengenakan kerudung. Untuk bra, ia menggunakan bra khusus tidak seperti bra kebanyakan. Di salah satu bagian bra nya terdapat benda berbentuk jeli didalamnya. Hal tersebut bertujuan agar dalam tampilan luar, ia masih memiliki kedua buah payudara yang lengkap. Walaupun ia mengalami hal tersebut, saya melihat hidupnya dapat berjalan dengan baik. Ia tetap menjadi sosok istri dan ibu yang baik untuk keluarganya.
     Pada mata kuliah yang saya ambil yaitu psikologi perempuan, saya melihat film tentang wanita yang mengalami kanker payudara. Salah satu payudaranya telah dipotong. Wanita tersebut berencana untuk melakukan pemindahan daging dari tubuhnya untuk payudaranya. Daging pada bagian perutnya di potong untuk dipindahkan ke payudaranya. Dokter dalam film tersebut sangat ahli dan terampil dalam melakukan pembedahan tersebut. Daging dari bagian perut yang dipindahkan pada bagian payudara wanita tersebut dibuat sama ukurannya dengan payudara yang tidak dipotong. Pada akhirnya, operasi berjalan dengan lancar.
     Jika dilihat dari wanita dalam film tersebut, ia merasa hidupnya sebagai wanita tidak lengkap jika tidak memiliki payudara yang lengkap. Untuk wanita dan saya sendiri juga merasa bahwa payudara merupakan hal yang penting. Jika salah satu payudara harus dipotong dan akhirnya hanya memiliki satu payudara pasti akan terdapat perubahan psikis dalam diri wanita. Makna memiliki payudara bagi wanita adalah salah satunya adalah untuk menyusui (bagi usia subur). Bagi wanita yang belum menikah, menurut saya payudara ada untuk menunjang penampilan pada wanita dan pada wanita yang sudah menikah, payudara dibutuhkan untuk menyusui anaknya kelak. Tetapi untuk wanita yang sudah paruh baya biasanya tidak lagi memperdulikan jika salah satu atau kedua payudaranya harus dipotong, karena mereka biasanya sudah hanya mementingkan kesehatannya dibanding penampilan.
     Menjaga kesehatan menjadi sangatlah penting. Kita sudah seharusnya mengurangi mengkonsumsi makanan fast food demi kesehatan kita sekarang. Dan jangan bosan untuk mau melakukan cara-cara pengecekan pada payudara kita sendiri. Selain itu, jika memungkinkan kita harus dapat rajin melakukan check up ke rumah sakit. Jika kita mengalami penyakit misalnya seperti kanker payudara, bukan hanya kita sendiri yang bersedih tetapi orang-orang yang sayang dengan kita akan ikut merasa kesedihan tersebut. Maka dari itu, kesehatan memang sangat mahal harganya dibandingkan apapun yang ada di dunia ini. Menjaga kesehatan bukan hanya tanda bahwa kita menyayangi diri kita sendiri, tetapi juga untuk menyayangi orang-orang yang sayang dengan kita. Jauhi mengkonsumsi fast food, jauhi merokok, dan jauhi alkohol. Hal tersebut tidak sulit jika kita memiliki niat kuat untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

11 November 2012
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar