Senin, 19 November 2012

Be your own cheerleader! :) (Catherine Prana)


Body image bagi sebagian besar wanita sangatlah mempengaruhi kehidupan mereka sebagai kaum perempuan.. Ada perempuan yang rela menghabiskan uang yang begitu banyak demi mendapatkan proporsi tubuh yang ideal.. Penampilan memang dapat berpengaruh terhadap harga diri atau self esteem seseorang.. Selain penampilan, self esteem juga dapat dipengaruhi oleh prestasi, afeksi atau kasih sayang dari orang sekitar, social support dari lingkungan, dan nilai yang dianut oleh seseorang, seperti nilai keagamaan.. Yang sangat menarik perhatian saya adalah ketika penampilan dapat secara signifikan mempengaruhi harga diri seseorang..

Seseorang yang menganggap bahwa penampilan adalah segala-galanya mungkin saja memiliki self esteem yang rendah ketika penampilannya tidak sesuai dengan body image yang ia inginkan... Saya tertarik dengan sebuah fenomena dimana seorang perempuan bisa menjadi stres dan depresi karena penampilannya yang menurutnya kurang memuaskan.. Ia merasa stres karena lingkungan di sekitarnya sangat sering menghina dan mengolok-ngolok penampilannya..

Yang perlu kita sadari adalah semua masalah berawal dari pikiran kita sendiri... Kalau kita sudah mempunyai pikiran negatif mengenai diri kita sendiri, tidak ada lagi cara yang bisa menolong kita… Be your own cheerleader untuk setiap masalah dalam hidupmu, karena memang hanya kita yang bisa menolong diri kita sendiri.. Ada sebuah quote yang sangat menarik yang pernah saya baca, berbunyi demikian, “nobody is in charge of your happiness, except you” ya memang itulah faktanya.. Mau orang lain memberi support sekuat apapun kalau kita memilih untuk terpuruk, ya itulah pilihan kita..

Di kelas psikologi perempuan, Bu Henny juga mengatakan “seisi dunia boleh menghinamu, tetapi kalau kamu belum meng “iya” kan hinaan itu, itu tidak akan berdampak bagi dirimu…” Quote yang sangat baik menurut saya.. Kalau penampilan menjadi satu-satunya hal terpenting, ya sangat mudah bagi kita untuk merasa tidak berharga, merasa tidak penting, karena selalu ada yang “lebih” daripada kita di luar sana… tidak akan ada habisnya…  Yang terpenting adalah bagaimana kita mengatur mindset kita agar tidak  mudah untuk dikendalikan orang lain… Be your own cheerleader.. ! :)

18 November 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar