Sabtu, 10 November 2012

Kanker Payudara (Aurelia Felicia)


   Payudara dianggap salah satu keindahan perempuan, yang membedakannya dari lawan jenisnya, laki-laki. Payudara dianggap penting bagi perempuan karena payudara adalah aset bagi perempuan untuk menyusui buah hati dan terletak di bagian depan layaknya wajah. akan tetapi, masih banyak perempuan yang tidak menjaga kesehatan payudara dan masih belum paham mengenai kanker payudara. Kanker itu biasanya dirasakan karena ada benjolan-benjolan di daerah payudara dan bisa menyebar ke sekitar payudara, bahkan ke organ tubuh lain. Penyebaran itu disebut sebagai metastasis. Bisa juga gejala yang timbul dari kanker itu seperti keluarnya cairan bening atau kemerahan dari puting susu. Kulit payudara menjadi bersisik dan mengerut dan masih ada lagi tandal lain. Maka dari itu, sangat diperlukan deteksi awal dari kanker payudara agar perempuan tidak sampai harus menjalankan operasi.

   Apakah kanker akan hilang begitu saja? belum tentu.. Sembuh atau tidaknya kira-kira terlihat 5 tahun ke depan. Jika muncul lagi, maka dapat dikatakan itu adalah kanker baru. Jika kanker masih ada dalam stadium 1 atau 2, kemungkinan untuk sembuh sekitar 80%. Akan tetapi, tetap saja mengerikan bagi perempuan jika sampai harus kehilangan salah satu keindahan tubuh mereka.

   Operasi kanker payudara biasanya harus dilakukan untuk mengangkat kanker itu. Bisa saja walau kanker sudah diangkat dari payudara, payudara itu ditambahkan menjadi bentuk normal atau terisi lagi. Dapat dilakukan mastectomy yaitu salah satu prosedur terapi kanker payudara. Kemudian, para ahli mengembangkan cara untuk merekonstruksi payudara. Rekonstruksi payudara biasanya ada dua langkah, yaitu rekonstruksi payudara dan areola-puting. Rekonstruksi payudara dilakukan dengan menambah payudara yang diambil dari bagian atau jaringan tubuh sendiri, seperti bagian perut. Rekonstruksi areola-puting dilakukan setelah rekonstruksi payudara dan terapi terhadap kanker selesai. Mastectomy dan rekonstruksi harus dilakukan bersama.

   Biasanya, setelah selesai operasi tersebut, payudara buatan (dibuat lebih besar) mengalami pembengkakan. Setelah mengempis, ukuran kedua payudara akan sama besar dan dalam 3 bulan, payudara akan bergantung dengan normal. Setelah mastectomy-pun, perempuan biasanya merasa menjadi "normal" kembali. Pasien juga akan lebih baik jika respon dan pandangan hidupnya positif.

   Walau ada jenis operasi ini, tetap saja lebih baik mencegah kanker payudara. Kanker payudara juga tidak hanya menyerang perempuan saja, tetapi juga laki-laki. Maka dari itu, kita harus rajin olahraga, tidak merokok, dan mengkonsumsi alkohol. Selain itu, kita juga perlu mengkonsumsi makan makanan yang sehat, seperti buah beri dan sayuran hijau. Jauhi makanan instan, snack, dan makanan yang banyak mengandung lemak.

~ Girls, pintar-pintarlah menjaga kesehatan... :)

9 November 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar