Sabtu, 10 November 2012

Breast Cancer (Reberta Oktavela)


Mendengar kata kanker payudara, mungkin lebih identik dengan penyakit yang banyak dialami oleh perempuan, namun penelitian baru-baru ini menemukanm bahwa kanker payudara tidak hanya dialami oleh perempuan saja, namun juga dialami oleh laki-laki. Apa sebenarnya kanker payudara itu? Kanker payudara adalah suatu penyakit dimana sel-sel ganas terbentuk pada jaringan payudara. Cara mendeteksi kanker payudara adalah dengan mengangkat satu tangan ke atas, lalu tangan lain memutar area payudara searah jarum jam, begitu juga sebaliknya, kemudian rasakan apakah ada benjolan atau tidak. Tapi, tidak semua benjolan itu adalah kanker, bisa jadi itu hanyalah cairan yang biasa terjadi sebelum periode menstruasi.

Kanker payudara tidak hanya muncul dengan sendirinya, banyak faktor-faktor yang bisa menyebabkan adanya kanker payudara tersebut, salah satunya faktor terbesar adalah usia, usia rata-rata perempuan didiagnosis kanker payudara adalah umur 40-50an, tapi bukan berarti perempuan umur 20-30an tidak beresiko kanker payudara, mengingat banyak faktor lainnya. Faktor genetik juga ikut mempengaruhi seseorang memiliki kanker payudara, perempuan yang mempunyai anggota keluarga penyakit kanker payudara memiliki resiko yang lebih besar dibandingan dengan perempuan yang tidak memiliki anggota keluarga berpenyakit kanker payudara. Faktor lainnya adalah kelebihan berat badan atau obesitas, minum-minuman beralkohol, rokok, polusi, implan payudara, dll.

Maka dari itu, kita harus menjaga kesehatan kita baik-baik, dengan memeriksa rutin seperti yang saya beritahu di atas, jika terdapat benjolan segera periksa ke dokter sesegera mungkin agar bisa ditangani dengan cepat, dan makan dan minum yang sehat.

8 November 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar