Kamis, 08 November 2012

No Body is Perfect (Kusbandiyah Chandrawati)


Katanya...  Tubuh wanita yang indah itu jika berbentuk seperti gitar... Apa itu benar?

Banyak wanita yang mendambakan ingin memiliki tubuh langsing nan indah. Bahkan sebagian besar dari mereka rela melakukan berbagai macam demi mendapatkan tubuh indah tersebut. Mulai dari penggunaan obat-obatan hingga diet ketat yang justru akan membahayakan diri mereka sendiri daripada sekedar mendapatkan bentuk tubuh yang indah.

Kenapa sih bentuk tubuh harus dipermasalahkan? Apa kita hidup di dunia hanya untuk terlihat indah dari bagian tubuh saja? Tentunya tidak hanya itu bukan?

Tubuh yang indah itu tubuh yang sehat. Dengan tubuh yang sehat justru akan menampilkan pribadi yang indah dan menarik. Banyak wanita yang salah menilai. Mereka menganggap tubuh yang indah itu adalah tubuh yang langsing. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang menjadi anorexia ataupun juga bulimia nervosa. Anorexia adalah salah satu gangguan makan di mana seseorang menekan nafsu makannya sehingga ia sangat sedikit atau bahkan sama sekali tidak mau mengkonsumsi makanan. Berbeda dengan anorexia, bulimia juga merupakan salah satu gangguan makan, namun pada penderita bulimia masih mau memakan segala makanan yang mereka sukai, dan kemudian mereka memuntahkan semuanya sehingga tidak ada makanan yang terserap ke dalam tubuh.

Keduanya sama-sama bertujuan untuk menguruskan tubuh. Saat mereka telah memiliki badan yang kurus pun bahkan dapat dikatakan seperti tinggal tulang dan kulit, mereka masih menganggap diri mereka terlihat gemuk. Kedua jenis gangguan makan tersebut tentunya sama saja tidak ada yang baik. Bagaimana tidak? Bayangkan jika tubuh kita tidak mendapatkan asupan makanan sama sekali, maka darimana tubuh kita akan menghasilkan energi? Bukannya untuk beraktivitas itu sangat diperlukan adanya energi? Yang ada bukannya mendapatkan tubuh yang indah, justru malah merusak tubuhnya sendiri dengan membiarkan tubuhnya tidak mendapatkan energi sama sekali.

Berusaha untuk mendapatkan tubuh yang indah memang tidak ada salahnya, namun jangan sampai salah jalan dalam usaha tersebut. Jangan sampai niat baik kita menjadikan kita jauh lebih buruk dari sebelumnya. Memiliki tubuh yang terlalu gemuk juga tidaklah baik bagi kesehatan. Oleh sebab itu, jagalah pola makan kita agar tidak terjadi hal yang diluar dugaan kita. Rawatlah tubuh kita sendiri dengan baik dan seimbangkanlah dengan olahraga yang tepat.

Jangan selalu menganggap tubuh kita itu lebih buruk dari orang lain. Lihatlah sisi baiknya, bahwa tubuh kita jauh lebih sehat dari orang lain. Tidak ada bentuk tubuh yang paling sempurna. Jadi, syukuri saja apa yang telah kita miliki, setidaknya dengan tubuh yang sehat kita akan dapat melakukan berbagai aktivitas yang jauh lebih bermanfaat daripada hanya sekedar memikirkan bentuk tubuh kita.

4 November 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar