Kamis, 08 November 2012

Wanita dan Tubuh Idamannya (Dini Puspita Ayati Sofyan)


     Setiap wanita menginginkan tubuhnya memiliki berat dan tinggi badan yang proporsional. Untuk memiliki berat dan tinggi badan yang proporsional, banyak wanita yang bersedia melakukan berbagai hal agar keinginannya tersebut tercapai. Hal-hal yang dilakukan dapat berupa mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, olahraga yang teratur, mengkonsumsi suplemen pengurang rasa lapar, sampai yang sering kita kenal dengan istilah sedot lemak.

     Teman saya, pernah melakukan diet agar ia memiliki berat badan yang menurutnya ideal. Berbagai cara sudah ia lakukan untuk memenuhi keinginannya itu. Dari olahraga yang berlebihan yang diluar kemampuannya, mengkonsumsi makanan sehat namun kurang bergizi, akupuntur, mengkonsumsi suplemen pengurang rasa lapar, sampai hanya mengkonsumsi air mineral saja tanpa mengkonsumsi makanan meskipun teman saya tersebut sedang menempuh Ujian Tengah Semester.

     Namun dari berbagai usaha yang teman saya tersebut lakukan, tidak ada yang bertahan lama bahkan cenderung tidak berhasil. Usahanya tersebut akhirnya harus dihentikan ketika teman saya tersebut pada akhirnya jatuh pingsan ketika ia sedang menjalani Ujian Tengah Semester. Tidak hanya itu, karena teman saya tersebut pingsan ketika ujian sedang berlangsung, maka ia terpaksa harus mengikuti ujian susulan dan membuat nilai-nilai akademik teman saya menurun.

     Hal tersebut membuktikan bahwa diet yang tidak sehat membuat dampak negatif ke dalam diri kita. Tidak hanya program diet yang dapat dikatakan tidak berhasil, namun nilai akademiknya mengalami penurunan. Apakah seseorang harus mendapatkan sebuah ganjaran dari perbuatannya terlebih dahulu baru ia menyadari bahwa perbuatannya itu salah? Seharusnya jika kita ingin melakukan suatu hal, cobalah lihat pada diri kita terlebih dahulu apakah diri kita mampu melakukan hal tersebut atau tidak, atau apakah akan ada dampak yang buruk yang terjadi pada diri kita jika kita melakukannya?

     Teman-teman, cobalah syukuri apa yang telah diberikan Tuhan kepada kita. Karena dengan dimulai dari mensyukuri karunia yang telah diberikan oleh Tuhan, kita dapat menjalani kehidupan kita dengan ikhlas. Memang tidak ada salahnya berusaha agar memiliki tubuh yang ideal, tapi jangan melakukan dengan cara yang berlebihan. Dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi serta olahraga yang teratur sudah cukup membuat tubuh kita sehat. Jangan terlalu berlebihan atau sangat kekurangan dalam mengkonsumsi makanan, itulah salah satu faktor yang membuat tubuh kita tidak sehat. Kesehatan itu mahal harganya. Jika tubuh kita dalam keadaan sehat, bukankah kita juga dapat melakukan kegiatan sehari-hari kita dengan maksimal?

5 November 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar