Rabu, 07 November 2012

Pospartum Depression and Eating Disorder (Regina Fitagora)


Pospartum Depression
     Bagi kebanyakan perempuan memiliki anak adalah proses yang sangat menyenangkan dan sangat dinatikan tapi ada sebagian perempuan juga yang malah menjadi takut dan tidak tau harus berbuat apa pada bayi tersebut. Seorang wanita yang merasa tidak tahu harus berbuat apa pada sang bayi setelah ia melahirkannya akan mengalami massa yang disebut dengan baby blues dan biasanya akan berlangsung selama 1 minggu setelah melahirkan jika telah melewati 1 minggu seorang perempuan tidak merasa lebih baik atau baby blues tersebut tidak tertangani dengan baik maka akan menjadi proses selanjutnya yaitu  pospartum depression atau depresi pasca melahirkan. Depresi pasca melahirkan biasanya terjadi sejak awal selesai melahirkan sampai 2 tahun kemudian. Wanita yang mengalami hal tersebut akan sangat mudah menjadi cemas dan bahkan akan mengalami panic attack. Cara pengobatan yang paling baik untuk wanita yang mengalami baby blues dan depresi pasca melahirkan yaitu adanya dukungan yang besar dari keluarga dan temannya. Sebenarnya dapat dilakukan dengan konseling atau terapi namun dukungan dari keluarga pun sangat membantu. Beri dukungan bahkan pujian yang besar untuk wanita yang mengalami hal tersebut, jangan sampai wanita yang mengalami baby blues atau depresi pasca melahirkan di tinggal sendiri atau dibiarkan begitu saja tanpa adanya dukungan hal ini akan membuat ke proses selanjutnya yaitu psikotik. Jika sudah mengalami psikotik seorang wanita tidak akan segan untuk menyakiti bayinya sendiri.
     Ketika sedang mendengarkan penjelasan tentang hal tersebut dalam hati saya terus berkata untuk bisa mempunyai seorang suami yang dapat selalu mensupport saya sehingga saya tidak akan mengalami hal tersebut. Saat bu Henny mengatakan dukungan keluarga adalah hal yang sangat penting langsung terlintas di pikiran saya sosok mama dan papa saya yang saya yakin akan terus mensupport saya. Dari hal ini pun saya menyadari bahwa sangat tidak mudahnya menjadi seorang wanita. di satu sisi seorang wanita dapat melakukan segala hal dan memiliki peran yang banyak seperti yang dulu bu Henny kalkulasikan jika seorang ibu harus diberi gaji. Namun di satu sisi lainnya seorang wanita sangat rentan terhadap berbagai penyakit yang mematikan dan harus ekstra menjaga diri dan sangat mudah mengalami depresi. Dari hal ini pun saya belajar untuk bisa menjadi seorang perempuan yang tangguh dalam menghadapi apa pun.


Eating Disorder
     Eating disorder atau gangguan makan sangat sering terjadi pada seorang perempuan dan biasanya perempuan pada usia dewasa awal. Eating disorder atau gangguan makan meliki 3 jenis yaitu Anorexia Nervosa, Bulimia Nervosa, dan Binge Eating Disorder. Namun pada kebanyakan kasus yang terjadi adalah anorexia nervosa yaitu seseorang yang selalu merasa dirinya gemuk dengan berat badan di bawah normal. kasus kedua adalah bulimia nervosa yaitu seseorang yang memiliki rasa takut gemuk yang berlebihan sehingga setiap kali ia makan ia akan memuntahkannya kembali. Dua gangguan ini sangat sering terjadi karena pada usia dewasa awal perempuan akan sangat memperhatikan bentuk tubuhnya sehingga melakukan diet yang salah. Dan biasa perempuan yang terkena gangguan ini tidak mau berhenti karena mereka tidak merasa ada masalah dengan yang mereka lakukan, mereka hanya merasa bahwa mereka hanya melakukan diet. Sebenarnya hal tersebut sangat berbahaya karena dapat merusak sistem pencernaan pada tubuh. Bahkan untuk gangguan anorexia dapat menyebabkan terhentinya menstruasi.
     Mendengar penjelasan yang diberikan saya merasa bersyukur karena saya merasa dapat mensyukuri apa yang saya miliki pada tubuh saya. Dan secara spontan saya menjadi merasa curiga pada teman-teman saya yang terlihat sangat kurus namun saya tidak menjudge mereka. Apa yang dikatakan bu Henny bahwa bersyukurlah dengan apa yang dimilki, jika ingin diet lakukanlah diet yang benar dan bu Henny pun menyebutkan langkah-langkah diet sehat membuat semakin yakin untuk tidak melakukan gangguan makan tersebut. Namaun ada satu hal yang sangat menganjal buat saya ketika bu Henny mengatakan salah satu untuk sehat adalah tidur yang cukup yaitu 8 jam sehari sedangkan saya sedang berusaha untuk itu. Dalam sehari waktu tidur saya paling banyak adalah 4-5 jam saja. Bukan karena saya ingin bergadang namun jika mulai malam saya semakin tidak mengantuk bahkan mengerjakan tugas malam hari sangat efektif buat saya dari pada siang hari. Hal ini juga yang membuat saya terbiasa makan di malam hari sehingga sekarang tubuh saya sedikit gemuk dan saya sedang berusaha untuk kembali hidup sehat dengan jam tidur yang benar.

30 Oktober 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar