Rabu, 07 November 2012

Cantik itu Harus Sehat (Anita Lusiana)


Apa sih yang di dambakan oleh sebagian besar wanita pada umumnya? Yah! Selain wajah cantik,  bentuk badan proporsional tentu menjadi impian bagi setiap wanita. Pasalnya, wanita ingin selalu terlihat sempurna tidak hanya di mata laki-laki saja, akan tetapi wanita juga ingin terlihat sempurna di mata wanita lain lain, dan di mata diri mereka sendiri.

Berbagai cara dilakukan wanita agar berat badannya menjadi ideal. Mulai dari diet yang kurang sehat dengan merubah langsung porsi makan dalam jumlah besar, mengomsumsi pil pencahar dalam jumlah banyak, memuntahkan makanan yang mereka makan dengan cara di paksa, serta tidak makan sama sekali demi berat badan yang diinginkan meskipun, dengan konsteks yang tidak wajar.
Seperti yang kita ketahui, menjaga berat badan ideal sangat identik dengan wanita. Walaupun sebenarnya, tidak jarang juga bagi pria yang juga melakukan diet demi menjaga berat badannya.

Jika hal ini sampai terjadi, mungkin gejala bulimia nervosa serta anorexia nervosa ada di depan mata kita. Pasalnya, bulimia nervosa adalah makan dalam jumlah / porsi yang sangat banyak, tetapi individu itu dengan sengaja memuntahkannya lagi dengan memasukkan tangannya ke dalam mulut, atau cara lainnya demi makanan itu dapat keluar. Sedangkan anorexia nervosa adalah individu yang sama sekali tidak makan demi bentuk badan yang ideal dimata mereka sendiri. Orang yang mengalami penyakit ini, merasa bentuk badannya berlebihan. Walaupun sesungguhnya badannya sudah terlampau sangat kurus.

Apabila diet-diet yang tidak sehat dilakukan secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama, ini tidak baik untuk diri mereka sendiri dan pada akhirnya akan menyebabkan kematian.
Maka dari itu, penting bagi kita untuk memberitahukan hal ini kepada teman, keluarga, dan orang lain yang kita tahu telah mengarah ke bulimia nervosa dan anorexia nervosa. Tindakan cepat yang dapat kita lakukan akan mengurangi keinginan mereka untuk memuntahkan makanan atau bagi mereka yang tidak makan sama sekali. Beri tahu mereka, bahwa cara-cara diet ini tidak benar sama sekali. Mereka hanya perlu mengurangi porsi makan sedikit dari yang biasanya, dan berolahraga dengan teratur.

Percayalah, mereka yang mencintai kita dengan tulus, pasti akan menerima kita dengan apa adanya, walaupun dengan berat yang berlebih. :D

3 November 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar