Rabu, 07 November 2012

Disordered Eating Behavior (Aurelia Felicia)


  Saya pernah menonton drama Korea dan ada pemeran seorang perempuan yang latihan dance setiap harinya di kampus. Perempuan itu terus berlatih sendirian sampai suatu ketika ada seorang lelaki yang mengintipnya sedang menari. Laki-laki itu diam-diam masuk ke dalam ruangan dan hanya menonton perempuan itu latihan menari terus sampai perempuan itu menyadari kehadiran sang lelaki. Perempuan itu memarahi lelaki itu karena telah melihat secara diam-diam, tetapi perempuan itu juga meminta makanan. Lelaki itu memberi cokelat pada perempuan itu dan perempuan itu melahapnya sampai habis dan meminta cokelat lagi. Lelaki itu pergi mengambilnya, tetapi saat lelaki itu kembali sang perempuan sudah tidak ada. Ternyata, perempuan itu pergi ke toilet dan memuntahkan cokelat yang sudah dimakannya karena takut gemuk.

   Terlihat sekali bahwa perempuan itu mengalami eating disorder yang lebih mengarah ke bullimia karena makanan yang telah dimakan akan dimuntahkan kembali. Individu itu mengalami ketakutan untuk makan karena menginginkan tubuh yang ideal. Adapula gangguan lain seperti anorexia dan binge eating disorder. Anorexia lebih mengarah pada penolakan seseorang terhadap makanan. Binge eating disorder lebih mengarah pada perilaku makan yang tidak berhenti-henti. Anorexia lebih susah diatasi dibanding bullimia karena pasien tidak kooperatif dalam penanganan masalah tersebut. Dikatakan pula bahwa orang obesitas dengan gangguan binge lebih stres daripada orang obesitas dengan bullimia.

   Padahal individu seharusnya bukan berusaha menguruskan badan, tetapi menjaga tubuh agar sehat. Banyak individu yang tergolong mempunyai berat badan melebihi berat seharusnya , tetapi masih mempunyai kepercayaan diri yang besar. Mereka menghargai diri sendiri dan makanan yang ada. Mereka juga didukung oleh lingkungan sekitar. Maka dari itu, bagi yang mempunyai tubuh yang dikatakan tergolong ideal tidak boleh mencemooh atau menggoda orang-orang yang obesitas atau mengalami masalah dengan berat badan. Perilaku negatif yang diterima dapat mempengaruhi kondisi psikologis dan fisik orang tersebut. Yang terpenting adalah jangan kurang tidur, sarapan, porsi makan boleh kecil, tetapi berisi, serta makan malam dikurangi porsinya.

~ Jangan menghina orang lain jika tidak mau dihina...

4 November 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar