Kamis, 08 November 2012

about lupus (Winda Kwan)


Ada beberapa penyakit yang saya ketahui lebih banyak terjadi pada perempuan daripada laki-laki seperti kanker serviks, kanker payudara ataupun lupus. Topik kali ini saya akan lebih fokus pada lupus. Lupus merupakan penyakit kelainan imunitas tubuh. Kebalikan dari HIV/AIDS ataupun kanker, tubuh menganggap jaringan dalam tubuh sebagai benda asing sehingga membentuk imun atau antibodi yang berlebihan, disebut juga sebagai autoimunitas.
Antibodi yang berlebihan tersebut akan menyerang organ-organ tubuh yang sehat karena menganggapnya sebagai musuh. Organ yang diserang seperti jaringan kulit, otot, tulang, ginjal, sistem saraf, paru-paru, hati, sistem pencernaan, mata, otak, pembuluh darah dan sel-sel darah. Antibodi masuk keselruh jaringan tubuh dengan 2 macam yaitu: menyerang langsung jaringan sel tubuh dan bergabung dengan antigen untuk menyebabkan peradangan berkepanjangan pada sel-sel sehingga merusak organ tubuh.
Hingga saat ini para peneliti dalam bidang dermatologimasih meneliti lebih lanjut tentang penyebab penyakit lupus, siapapun dapat menderita penyakit ini tetapi menurut perkiraan para ilmuwan bahwa hormon wanita (estrogen) mungkin memiliki hubungan dengan penyebab penyakit lupus karena dari fakta yang ada diketahui bahwa 9 dari 10 orang penderita penyakit lupus adalah wanita.
Beberapa penyebab penyakit lupus berasal dari lingkungan, infeksi, paparan sinar matahari, stres, obat-obatan tertentu. Penyakit ini dapat diketahui dari awal dengan melihat adanya bercak merah seperti ruam pada pipi dan hidung, serta merasa panas dan mudah lelah. So ladies, jagalah kesehatan tubuh dengan sebaik-baiknya, rajin olahraga dan makan-makanan segar. Jika merasa mengalami gejala-gejala diatas, janganlah merasa malu untuk pergi kedokter dan memeriksakan diri.

8 November 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar