Rabu, 07 November 2012

setelah kelahiran...(Dionisius Ferdi Weros)


Baby blues adalah suatu depresi yang sifatnya sementara dan cenderung lebih ringan yang terjadi setelah kehamilan. Beberapa faktor yang terlihat menjadi faktor utama kemunculan gangguan ini yaitu faktor neurotransmitter di otak dan kelahiran anak yang pertama. Kelahiran anak pertama bisa saja merupakan suatu fenomena yang membahagiakan bagi banyak ibu. Namun, di sisi lain terdapat suatu ketakutan tersendiri yang dialami oleh para ibu yaitu bagaimana mereka mengasuh anak mereka. Hal ini bisa saja menyebabkan depresi tersendiri karena para ibu kebingungan untuk menghadapi tantangan baru ini.

Jika baby blues tidak ditangani, maka dapat menyebabkan postpartum depression (atau depresi setelah melahirkan). Gangguan psikologis ini tentu lebih berbahaya dibandingan dengan baby blues. Depresi ini mempunyai dampak yang besar terhadap kehidupan ibu tersebut, misalnya ibu tersebut sulit untuk melakukan kegiatan sehari-hari, seperti sulit makan. Bahkan, depresi tersebut dapat menyebabkan ibu tersebut untuk bunuh diri atau yang lebih mengerikan lagi, ibu tersebut bisa saja membunuh anaknya sendiri ketika depresi semakin parah.

Ibu yang mengalami baby blues harus mendapat dukungan dari keluarga, misalnya bantuan untuk mengurus kegiatan rumah tangga. Ibu tersebut diberikan waktu untuk menyendiri dan kadang-kadang harus diberikan support baik dari suami maupun orangtua, saudara-saudari, atau teman-temannya. Kelekatan ibu dan anak tetap dibangun, tetapi tetap pengasuhan anak harus dilakukan oleh suami dibantu dengan orangtua dan saudara-saudarinya. Jika gejala-gejala depresi semakin parah, maka dibutuhkan bantuan ahli.

Penulis menilai bahwa postpartum depression dapat dicegah selama gejala masih ringan, hal yang paling penting adalah dukungan dari keluarga. Ibu tersebut harus tahu bahwa mengasuh anak merupakan hal yang berat, tetapi akan ada orang-orang di sekitar yang akan membantu ibu tersebut jika mengalami kesulitan. Ibu tersebut harus tahu bahwa dia dicintai oleh keluarga dan teman-temannya.

1 November 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar