Kamis, 29 November 2012

Child and Parents (Reberta Oktavela)


Seorang anak yang berumur lima sampai enam tahun biasanya sangat bersemangat untuk bersekolah dan bermain dengan saudara ataupun teman-temannya. Namun, pada sebagian anak tidak bisa merasakan hal itu, anak tersebut diharuskan bekerja oleh orangtuanya untuk membantu perekonomian keluarga. Saya jadi teringat dengan cerita dosen saya di perkuliahan, di salah satu Negara tersebesar seorang anak dipekerjakan untuk membantu orangtuanya dalam penjualan barang ilegal, pada saat melewati imigrasi ayahnya meminta anaknya yang menyimpan barangnya di tas sekolah anaknya agar barang tersebut tidak ketahuan oleh penjaga imigrasi. Ada sebuah cerita lagi yang membuat saya terkejut, bayi yang baru lahir diperjual-belikan tidak hanya untuk masalah aborsi atau pancingan, melainkan juga sebagai alat untuk menyimpan obat-obat terlarang. Jadi, pada saat di bandara pasangan suami istri berserta membawa "anaknya" untuk pergi ke suatu tempat dengan alasan liburan, namun ternyata pesawat yang mereka tumbangin itu mengalami keterlambatan yang cukup lama, pada saat itu salah satu petugas bandara melihat bayi itu terlihat biru dan mengeluarkan busa dari mulutnya. Setelah diperiksa ini itu, ternyata terdapat banyak obat terlarang di perut sang bayi!!!

Orangtua adalah orang yang harus kita hormati, karena mereka lah yang merawat kita dari kecil. Orangtua yang ketika mereka sudah lansia kerap dimasukkan oleh anggota keluarganya ke panti werdha yang mungkin dikarenakan anak-anaknya terlalu sibuk hingga tidak bisa mengurusi orangtuanya, walaupun demikian ada juga sebagian dari mereka sendiri yang mau masuk ke panti werdha. Di panti werdha mungkin anaknya berpikir bahwa orangtua mereka akan dirawat dengan baik, namun kenyataannya tidak demikian. Kebanyakan mereka tidak dirawat dengan baik, dan mereka pun kebanyakan merasa kesepian dan merindukan anak-anaknya.  Tak dipungkiri, ada dari mereka yang mengalami stress hingga depresi karena tidak ada yang bisa di ajaknya untuk sharing, berbagi pengalaman, dan keinginan mereka.

Ada kutipan dari yang pernah saya baca, dia menuliskannya seperti ini: "Mengapa orangtua selalu menganggap anaknya itu sebagai anak kecil? Karena orangtua sangat mencintai anaknya dari sebelum lahir hingga mereka meninggal."

28 November 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar