Kamis, 08 November 2012

Jagalah Tubuh dan Senantiasa Berdoa Kepada Tuhan (Dionysius Dias Ardi Nugroho)


Hari Senin tanggal 5 November 2012 kelas psikologi perempuan diisi dengan menonton film proses transplantasi payudara. Bagi orang yang takut melihat proses pembedahan, film ini akan menjadi suatu hal yang mengerikan. Dalam film itu selalu ada pesan “kebijaksanaan penonton diperlukan.” Karena saya sangat takut melihat jelas proses operasi, saya hanya mendengarkan suara film dan tidak melihat layar.

Melalui film itu dapat dipelajari suatu hal yaitu pengobatan. Jika ada sesuatu yang mengganggu di payudara, sebaiknya konsultasi ke dokter. Jika sesuatu tersebut dapat mengganggu tubuh dan menyebabkan tidak sehat, maka perlu dikorbankan. Operasi adalah jalannya, meskipun itu terlihat mengerikan dan sakit.

Pada kesempatan ini diskusi dikelas mengenai usia perempuan dan proses operasi. Perempuan yang berusia lanjut diprediksi tidak terlalu mempedulikan bentuk tubuh apabila memang perlu dilakukan operasi payudara. Dia tidak akan kehilangan kepercayaan diri karena kesehatan yang diutamakan.

Perempuan usia dewasa muda  dan belum menikah pasti memperhatikan penampilan. Jika terjadi sesuatu pada payudara, mungkin dia akan berpikir dua kali jika harus transplantasi.

Pesan kuliah hari ini adalah perempuan dan laki-laki diminta untuk menjaga kesehatan diri. Semua makanan enak, polusi dan hal yang muncul dalam kehidupan sehari-hari dapat merusak keseshatan. Hal terakhir yang dilakukan adalah berdoa kepada Tuhan agar senantiasa diberi kesehatan dan menjaga tubuh juga.

5 November 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar